Senin, November 29, 2021
Internasional

Erdogan hadiri KTT NATO di Brussels

TURKINESIA.NET – BRUSSELS. Presiden Recep Tayyip Erdogan menghadiri KTT NATO yang dimulai Senin.

Sebuah program penyambutan resmi diselenggarakan untuk para tamu di markas NATO yang dipimpin oleh kepala NATO, Jens Stoltenberg.

Setelah penyambutan, para pemimpin mengadakan foto bersama di mana Erdogan terlihat berdiri di antara Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Di sela-sela KTT, Presiden Erdogan memiliki jadwal yang sibuk dan bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri Inggris dan Presiden Prancis Emmanuel Macron, sementara itu dia juga diperkirakan akan bertemu dengan Biden pada hari yang sama.

Para pemimpin NATO berharap untuk membuka babak baru dalam hubungan trans-Atlantik melalui KTT itu. Digambarkan sebagai “momen penting” oleh Stoltenberg, KTT itu bertujuan untuk membalik halaman pada empat tahun yang menegangkan dengan pendahulu Biden, Donald Trump yang mengguncang kepercayaan pada aliansi Barat dengan menyebutnya organisasi itu “usang.”

Stoltenberg juga mengatakan bahwa para pemimpin akan membahas strategi aliansi militer vis-a-vis meningkatnya kekuatan China yang menimbulkan tantangan dan peluang pada saat yang sama.

NATO harus bekerja sama dengan negara Asia dalam pengendalian senjata dan perang melawan perubahan iklim, kata Stoltenberg.

Para pemimpin sekutu juga akan membahas “agenda NATO 2030 yang ambisius dan berwawasan ke depan,” yang berupaya memperluas konsep keamanan dengan mengatasi tantangan perubahan iklim, dengan fokus pada ketahanan dan pengembangan teknologi.

Sumber: Daily Sabah

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x