Senin, November 29, 2021
Bangsa Turk

Erdogan tiba di Azerbaijan, akan kunjungi kota Shusha untuk pertama kalinya

TURKINESIA.NET – BAKU. Presiden Recep Tayyip Erdoğan Senin malam tiba di ibu kota Baku, Azerbaijan, untuk mengadakan pembicaraan resmi dengan Presiden Ilham Aliyev dan mengunjungi kota Shusha di wilayah Nagorno-Karabakh yang baru saja dibebaskan.

Erdogan diterima di Baku oleh Wakil Perdana Menteri Yaqub Eyyubov, Wakil Menteri Luar Negeri Halef Halefov, Duta Besar Azerbaijan untuk Turki Khazar Ibrahim dan Duta Besar Turki untuk Azerbaijan Cahit Bağc.

Erdogan didampingi oleh ibu negara Emine Erdoğan, Menteri Pertahanan Hulusi Akar, Direktur Komunikasi Fahrettin Altun, Juru Bicara Presiden Ibrahim Kalin, Juru Bicara Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) yang berkuasa Omer Celik dan Kepala Delegasi Turki untuk Majelis Parlemen NATO Osman Aşkın Bak.

Aliyev akan menyambut Erdogan dalam upacara resmi di Shusha. Erdogan akan menjadi pemimpin pertama yang mengunjungi kota bersejarah itu, menyusul pembebasannya oleh Angkatan Bersenjata Azerbaijan pada November tahun lalu, setelah 28 tahun pendudukan Armenia. Shusha yang dikenal sebagai mutiara Nagorno-Karabakh, diduduki oleh Armenia pada 8 Mei 1992.

Kota ini memiliki nilai militer yang signifikan karena terletak di dataran tinggi yang strategis sekitar 10 kilometer (6 mil) selatan ibukota wilayah di atas Khankendi (Stepanakert) dan di jalan yang menghubungkan kota dengan wilayah Armenia. Selain signifikansi strategis, kota ini dikenal sebagai simbol sejarah dan budaya Azerbaijan dengan banyak situs bersejarah, yang renovasinya telah dimulai. Banyak musisi dan cendekiawan Azerbaijan terkemuka lahir di kota ini.

Azerbaijan merebut kembali sebagian besar wilayah yang diduduki Armenia tahun lalu dalam konflik yang meletus di Nagorno-Karabakh. Konflik tersebut merenggut 6.000 nyawa dan berakhir dengan gencatan senjata yang ditengahi Rusia pada November 2020.

Baca juga  RS Turki terbesar & termodern di Palestina telah membantu Gaza menghadapi pandemi

Sementara gencatan senjata Karabakh sebagian besar telah berlangsung, wilayah perbatasan telah menyaksikan beberapa pertempuran kecil.

Setelah pertemuan pribadi, Erdogan dan Aliyev diperkirakan akan menghadiri upacara penandatanganan kerja sama militer, mengadakan konferensi pers bersama, dan melakukan tur ke Shusha.

Sumber: Daily Sabah

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x