Selasa, Oktober 19, 2021
Timur Tengah

Menlu Mesir: Hubungan Turki-Mesir akan berkembang secara bertahap

TURKINESIA.NET – KAIRO. Hubungan antara Turki dan Mesir secara bertahap akan berkembang atas dasar saling menghormati, sebut Menteri Luar Negeri Mesir Samih Shukri, Sabtu.

Berbicara kepada TV Sada El-Balad Mesir, Shukri mengatakan hubungan dengan Turki sedang ditangani atas dasar “tidak mencampuri urusan dalam negeri, saling menghormati dan kepentingan.”

Mengenai pernyataan Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Cavuşoğlu pekan lalu yang menyarankan pengiriman kembali duta besar kedua pihak, Shukri mengatakan: “Aspirasi Turki untuk meningkatkan hubungan dengan Mesir sangat mengagumkan.”

Mengacu pada sikap Turki tentang hubungan dengan Mesir, Shukri mengatakan bahwa Turki “menyatakan komitmennya terhadap hukum internasional, praktik diplomatik, prinsip-prinsip hubungan bertetangga yang baik, dan tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain.”

“Mesir ingin memiliki hubungan dekat dengan mitra regional dan internasionalnya atas dasar yang kuat dan untuk kepentingannya sendiri,” tambahnya.

Shukri mengatakan bahwa hubungan bilateral akan berkembang pada waktu yang tepat “setelah memantau, mengevaluasi, dan melihat bahwa itu benar-benar untuk kepentingan Mesir.”

Pekan lalu, Cavuşoğlu mengatakan pembicaraan antara Turki dan Mesir selanjutnya dapat berkembang dengan pertemuan tingkat Menlu kedua negara dan penunjukan duta besar bersama.

Cavuşoğlu juga menekankan: “Jika hubungan kita dengan Mesir menjadi normal, ada banyak negara yang dapat kita ajak bekerja sama, yang membutuhkan kerja sama ini.”

Ankara dan Kairo baru-baru ini merilis pernyataan tentang hubungan bilateral, menunjukkan pemulihan hubungan setelah lebih dari tujuh tahun kerenggangan politik.

Kedua negara bertukar sinyal positif untuk menjalin kontak dan dialog, termasuk kemungkinan pembicaraan untuk membatasi perbatasan laut mereka di Mediterania Timur.

Sumber: Daily Sabah

 

https://www.dailysabah.com/politics/diplomacy/turkey-egypt-relations-to-progress-gradually-egyptian-fm-says

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x