Sabtu, September 18, 2021
Indonesia-Turki

Hubungan diplomatik Indonesia-Turki

TURKINESIA.NET – ANKARA/JAKARTA. Hubungan diplomatik Indonesia-Turki dimulai tahun 1950 dan pada tahun 2020 ini memasuki usia 70 tahun. Pemerintah Indonesia sendiri membuka kedutaan di Ankara mulai tahun 1958 dan pada tahun 2012 membuka KJRI Istanbul. Karena kedua negara adalah negara yang memiliki sejarah panjang, hubungan keduanya melampaui catatan hubungan diplomatik. Menurut catatan sejarah, kedua bangsa bahkan sudah mulai berhubungan abad ke-16, saat Kesultanan Utsmani (Ottoman) Turki dan Kesultanan Aceh bekerjasama untuk melawan invasi Portugis ke Sumatera.

Hubungan bilateral Indonesia-Turki memasuki babak baru yang lebih mencerminkan nilai strategis kedua negara dengan diluncurkannya “Joint Declaration Indonesia-Turkey: Towards an Enhanced Partnership in a New World Setting” yang dideklarasikan bersama oleh Presiden kedua negara pada 5 April 2011 di Jakarta. Pernyataan Bersama tersebut memuat komitmen kedua negara untuk saling bekerja sama di bidang politik-keamanan, ekonomi serta kebudayaan, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk industri strategis.

Khusus di bidang ekonomi, pemimpin kedua negara sepakat menargetkan nilai perdagangan Indonesia-Turki sebesar USD 10 miliar pada tahun 2023. Kesepakatan itu disampaikan pada saat kuinjungan Presiden Joko Widodo ke Turki pada tahun 2017 dan pada saat pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo dan Presiden Turki Erdogan disela-sela KTT G20 Osaka, Jepang tahun 2019. Sebagai upaya realisasi kesepakatan tersebut, kedua negara saat ini tengah merampungkan proses negosiasi Indonesia-Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement (IT-CEPA).

Indonesia dan Turki juga memiliki hubungan yang baik dan saling mendukung dalam forum multilateral, seperti PBB, G20, MIKTA, D8, OKI, dan ASEAN. Dalam konteks ASEAN, Indonesia mendukung Turki sebagai ASEAN sectoral dialogue partner yang diresmikan pada Pertemuan ke-50 Menteri Luar Negeri ASEAN di Manila tahun 2017.

Baca juga  Pengusaha Turki lariskan produk UKM Indonesia di Istanbul

Indonesia memiliki dua perwakilan diplomatik di Turki, yakni Kedutaan Besar Republik Indonesia Ankara (sejak 1958) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia Istanbul (sejak 2012).

Sumber: KBRI Ankara

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x