Senin, November 29, 2021
Timur Tengah

Sampaikan selamat, Hamas sebut kemenangan Taliban awal berakhirnya penjajahan Israel

TURKINESIA.NET – DOHA. Kepala politik kelompok perlawanan Palestina Hamas, Ismail Haniyeh, telah mengucapkan selamat kepada gerakan Taliban atas berakhirnya “pendudukan” AS di Afghanistan.

Pernyataan itu disampaikan dalam panggilan telepon antara Haniyeh dan pemimpin Taliban Abdul-Ghani Baradar pada hari Senin.

“Kami mengucapkan selamat kepada gerakan Taliban dan kepemimpinannya yang berani atas kemenangan tersebut,” ucap Hamas dalam keterangan resminya seperti dikutip dari AFP.

“Kami berhadap warga Muslim Afghanistan dan kepemimpinannya sukses dalam mencapai persatuan, stabilitas, dan kesejahteraan,” sambungnya.

Haniyeh mengatakan akhir pendudukan AS di Afghanistan “adalah awal dari kematian semua pasukan pendudukan, yang terutama adalah pendudukan Israel atas Palestina”, menurut situs web Hamas.

Baradar mengungkapkan rasa terima kasihnya atas seruan Haniyeh, berharap “kemenangan dan pemberdayaan sebagai hasil dari perlawanan mereka” bagi Palestina.

Pemimpin Taliban juga meminta semua negara untuk mendukung perjuangan Palestina.

Taliban telah mengambil alih Afghanistan setelah merebut ibu kota Kabul pada hari Minggu. Kelompok ini sedang dalam proses mendirikan pemerintahan setelah terguling oleh pasukan asing pimpinan AS pada 2001.

Sumber: AA & Turkinesia

 

5 4 votes
Article Rating
Baca juga  Kemenhan Turki: Serangan PKK terhadap Peshmerga bukti teroris itu tidak mewakili Kurdi
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x