Selasa, Oktober 19, 2021
Asia

Erdogan: Turki masih berniat lindungi bandara Kabul

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Recep Tayyip Erdoğan pada 18 Agustus mengatakan Turki masih siap untuk melindungi bandara Kabul setelah pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban. Ankara sedang berbicara dengan semua pihak terkait, ungkap Erdogan.

“Kami bertujuan untuk memastikan keamanan bandara dan berkontribusi pada keamanan negara ini setelah penarikan (pasukan) Amerika. Kami masih mempertahankan niat ini,” kata Erdogan dalam wawancara yang disiarkan televisi.

Ankara telah bernegosiasi dengan pejabat pertahanan AS sejak menawarkan untuk membantu mengamankan dan menjalankan bandara Kabul. Bandara tersebut merupakan kunci untuk memungkinkan negara-negara mempertahankan kehadiran diplomatik di Afghanistan setelah penarikan pasukan AS.

Tapi pengambilalihan kekuatasan secara mendadak oleh Taliban telah meninggalkan rencana Turki dalam limbo.

“Kami sekarang melakukan perencanaan kami sesuai dengan kenyataan baru yang muncul di lapangan dan mengadakan negosiasi kami sesuai dengan itu,” kata Erdogan.

Pejabat Amerika mengatakan mereka terus berbicara dengan Ankara tentang pengaturan keamanan untuk bandara. AS juga telah menyatakan terima kasih atas peran Turki dalam mengevakuasi warga sipil dari Kabul.

“Kehadiran militer Turki di Afghanistan akan memberi pemerintahan baru keunggulan di arena internasional dan memfasilitasi tugasnya,” kata Erdogan.

Dia mengatakan Turki mencari kesepakatan dengan pihak berwenang Afghanistan. “Kita bisa mendiskusikan opsi yang berbeda,” ungkapnya.

Siapa pun yang memegang kekuasaan, Turki akan mendukung Afghanistan, tambah Erdogan seraya mengulangi bahwa dia siap untuk bertemu dengan para pemimpin Taliban.

“Kami menyambut baik pernyataan yang terkendali dan moderat yang dibuat oleh Taliban,” tambahnya.

Erdogan mengatakan dia akan berbicara dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam beberapa hari mendatang.

Sumber: Hurriyet Daily News

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x