Selasa, Oktober 19, 2021
Asia

Turki tak mampu lagi tampung pengungsi, Erdogan: Imigran Afghanistan tanggung jawab Eropa

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki tidak memiliki kewajiban apa pun untuk menjadi tempat yang aman bagi para pengungsi Afghanistan,” kata Presiden Recep Tayyip Erdoğan Kamis malam.

Pernyataan itu disampaikan setelah pertemuan kabinet selama lima jam di Kompleks Kepresidenan Ankara.

Erdogan mengatakan Eropa perlu memikul tanggung jawab atas warga Afghanistan yang melarikan diri dari negaranya.

Presiden juga menambahkan bahwa Ankara telah mengambil tindakan di sepanjang perbatasannya dengan Iran – rute utama bagi migran Afghanistan untuk masuk ke Turki.

Mengatasi kekhawatiran publik mengenai kemungkinan gelombang pengungsi, Erdogan juga mengatakan bahwa Turki akan memastikan kembalinya para pengungsi dengan aman.

“Adalah kewajiban kami kepada warga Turki untuk memastikan para pengungsi kembali dengan selamat ke negara asal mereka,” katanya.

Erdogan juga menolak klaim oposisi bahwa Turki menampung 1,5 juta pengungsi Afghanistan.

Presiden Turki ini juga menegaskan komitmen negaranya terhadap “stabilitas dan keamanan” Afghanistan dan mengatakan Ankara dapat mengadakan pembicaraan dengan pemerintah baru.

“Kami akan bertemu dengan pemerintah yang dibentuk oleh Taliban jika perlu dan membahas agenda bersama ,” kata Erdogan.

Taliban menyatakan perang di Afghanistan berakhir setelah mengambil alih istana kepresidenan di Kabul. Sebagai akibatnya, negara-negara Barat pada Senin bergegas untuk mengevakuasi warganya di tengah kekacauan di Bandara Internasional Kabul Hamid Karzai ketika warga Afghanistan yang panik mencari jalan keluar.

Setelah melarikan diri, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengatakan pada hari Minggu, “Taliban telah menang dengan pedang dan senjata mereka, dan sekarang bertanggung jawab atas kehormatan, harta benda dan keselamatan diri warga negara mereka.”

Mohammad Naeem, juru bicara kantor politik Taliban, mengatakan kepada media yang berbasis di Qatar, Al-Jazeera, “hari ini adalah hari besar bagi rakyat Afghanistan dan mujahidin. Mereka telah menyaksikan buah dari upaya dan pengorbanan mereka selama 20 tahun. Alhamdulillah, perang di negara ini sudah berakhir,” katanya.

Baca juga  Presiden Azad Kashmir: Hanya Turki yang mengerti dan bela Kashmir

Sumber: Daily Sabah & Turkinesia

 

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x