Selasa, Oktober 19, 2021
Asia

‘Turki terlibat dalam inisiatif diplomatik yang sibuk mengenai Afghanistan’

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Recep Tayyip Erdoğan pada hari Senin mengatakan bahwa Turki terlibat dalam inisiatif diplomatik mengenai krisis yang sedang berlangsung di Afghanistan. Ankara akan terus mengambil langkah-langkah untuk memastikan keamanan regional, ungkap Erdogan.

“Turki telah melakukan inisiatif diplomatik yang intens mengenai perkembangan dan migrasi tidak teratur di Afghanistan. Kami akan terus mengambil semua langkah untuk memastikan keamanan regional, melindungi negara kami dari tekanan migrasi dan memfasilitasi perdamaian rakyat kami,” kata Presiden Erdogan dalam sebuah cuitan.

Presiden Turki telah membahas masalah ini dengan para pemimpin dunia, termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan pejabat Uni Eropa.

Ankara telah menjelaskan bahwa mereka tidak akan menanggung beban krisis migrasi yang dialami sebagai akibat dari keputusan negara ketiga.

Pemerintah Turki telah mengambil pendekatan pragmatis terhadap peristiwa baru-baru ini di Afghanistan

Pada hari Rabu, Erdogan menyambut baik pernyataan moderat yang dibuat oleh pejabat Taliban. Erdogan mengumumkan bahwa Turki siap bekerja sama dengan semua pihak untuk memastikan perdamaian dan stabilitas.

Erdogan juga mengatakan bahwa kehadiran militer Turki di negara itu akan memperkuat tangan pemerintahan Afghanistan yang baru di arena internasional.

Presiden Turki juga mengumumkan bahwa pasukan Turki akan melindungi bandara Kabul dan memastikan evakuasi berlanjut dengan aman dan damai.

Menteri Luar Negeri Mevlüt Cavuşoğlu juga menyatakan bahwa Turki akan berkoordinasi dengan masyarakat internasional dalam pendiriannya mengenai pengakuan pemerintah baru di Afghanistan.

Sumber: Daily Sabah

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x