Selasa, Oktober 19, 2021
Teknologi

Turki kembangkan drone khusus pemadam kebakaran

Turki kembangkan drone khusus pemadam kebakaran. UAV pemadam kebakaran milik DASAL dipamerkan di IDEF 2021, Istanbul, Turki, 23 Agustus 2021. (AA Photo)

ANKARA

Turki sedang mengembangkan drone khusus pemadam kebakaran. Sebuah perusahaan Turki saat ini sedang mengembangkan armada pemadam kebakaran dengan peralatan yang berbeda.

Menurut laporan Anadolu Agency (AA), Senin, DASAL Aviation Technologies, kemitraan antara raksasa pertahanan Aselsan dan Altınay, telah mengembangkan konsep pemadam kebakaran dengan menggunakan beberapa UAV yang diproduksinya.

Strategi tiga tahap dikembangkan sebagai bagian dari konsep di mana 10 model UAV yang berbeda digunakan pada tiga platform utama.

Tahap pertama menampilkan UAV Deteksi dan Pengamatan Kebakaran. Berkat kamera termal khusus di dalamnya, dua UAV lainnya dapat mendeteksi api seluas 1 meter persegi (10 kaki persegi) dan di bawahnya, tergantung pada ketinggian yang akan dipilih, lalu mentransfer gambar ke tengah sambil berbagi lokasi.

Tahap kedua akan mencakup enam UAV Responden Pertama yang berbeda yang mencegah penyebaran dan melakukan pemadaman preventif. UAV ini dirancang untuk membawa tabung api dan bom api serial, beberapa bom api, penyemprot cairan kabel, peluncur rudal yang mengandung bubuk kimia padat atau gas pemadam, atau kombo serbaguna, tergantung pada jenis dan lokasi api.

Pada fase ketiga, rencananya adalah menggunakan dua model UAV yang berbeda untuk misi pemadaman dan pendinginan anti-menyebar.

UAV akan membawa berbagai bahan pencegahan seperti bom pembakar yang disetel khusus, bom api klasik, rudal yang isinya dapat berubah sesuai kebutuhan.

Berkat struktur modular, satu UAV akan dirancang untuk membawa lebih dari satu jenis peralatan, membuat sistem hemat biaya.

Juga, empat model UAV yang berbeda akan digunakan untuk dukungan material, kargo dan kegiatan pencarian dan penyelamatan, selain dari 10 UAV berbeda yang dirancang khusus untuk tiga tahap yang ditentukan dalam pemadam kebakaran ini.

Baca juga  Turki panggil Dubes Prancis karena karikatur yang menghina Erdogan

Onur Güzelmeriç, direktur penjualan, pemasaran, dan pengembangan bisnis DASAL, mengatakan kepada AA bahwa, tak lama setelah mendirikan perusahaan, mereka menciptakan varian produk yang luas dan banyak sistem tugas.

Güzelmeriç juga menjelaskan keuntungan memiliki bom pemadam kebakaran dengan sensor pada UAV.

Bantuan logistik

Kegiatan pendukung juga merupakan faktor penting dalam memerangi kebakaran. Güzelmeriç mengatakan pengiriman air dan makanan ke unit tanggap sangat penting tetapi sulit, terutama di daerah pegunungan atau karena jalan sempit menuju daerah kebakaran ditutup karena kendaraan yang melakukan kegiatan pemadaman.

“Untuk ini, tiga model kargo kami yang berbeda, yang kami pamerkan di Pameran Industri Pertahanan Internasional (IDEF), memiliki kemampuan untuk mengangkut beban masing-masing 150, 75, dan 15 kilogram (330, 165, dan 33 pon) dengan cepat, ke titik kritis dengan kecepatan hingga 100 kilometer (62 mil) per jam,” kata pejabat perusahaan itu.

Ia menambahkan, isi muatan tersebut, selain air dan makanan, dapat berupa alat pemadam, sarung tangan, atau bahan sederhana namun penting lainnya untuk kelangsungan operasi.

Sumber: Daily Sabah

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x