Selasa, Oktober 19, 2021
Asia

Taliban minta dukungan Turki: Kita Muslim, kita bersaudara

KABUL

Taliban telah meminta semua negara, terutama Turki, untuk membantu rakyat Afghanistan dan Afghanistan, kata juru bicara Biro Politik Taliban di Qatar, Mohammad Naeem Wardak, Rabu.

Berbicara kepada Anadolu Agency (AA) setelah Taliban mengambil alih ibukota Kabul, Wardak berbicara tentang banyak masalah seperti peran Turki, pesan yang diberikan Taliban dalam dan luar negeri, hak-hak perempuan dan minoritas, bentuk pemerintahan yang akan diambil dan orang-orang yang telah meninggalkan negara itu.

Wardak mengatakan bahwa “Turki adalah negara yang penting, orang Turki adalah Muslim dan bersaudara. Kami memiliki hubungan sejarah, sosial dan budaya dengan Turki.”

Wardak menambahkan bahwa mereka ingin meningkatkan hubungan di masa depan dan bahwa Taliban sedang berkomunikasi dengan Turki.

Menjawab pertanyaan tentang apakah Taliban membutuhkan dukungan Turki, Wardak mengatakan: “Tidak ada keraguan tentang itu. Kami menginginkan ini (dukungan). Rakyat kami telah berperang selama 40 tahun dan mereka membutuhkan bantuan. Kami meminta semua negara dunia, terutama Turki, untuk membantu rakyat dan negara kita,” katanya.

Ia menekankan bahwa Turki dapat memainkan peran penting, konstruktif dan positif di Afghanistan.

Mereka membutuhkan peran Turki dalam merekontruksi Afghanistan.

Wardak mencatat hal berikut mengenai struktur hubungan antara kedua negara: Yang pertama adalah prinsip-prinsip agama Islam, dan yang kedua adalah kepentingan negara dan rakyat yang tinggi. Karena dua keprihatinan ini, kami ingin menjalin hubungan yang baik, konstruktif dan positif dengan Turki pada khususnya. Kami tidak ada masalah dengan Turki.”

Mengenai bandara Kabul, Wardak juga mengatakan: “Bandara adalah wilayah Afghanistan dan orang Afghanistan bertanggung jawab atas tanah, institusi, dan kehormatan mereka. Ini adalah masalah kedaulatan. Bantuan adalah hal lain, tetapi administrasi negara adalah tugas kami dan kami mampu melakukannya. Mengapa mereka takut sekarang? Anda lihat, pasukan asing berada di bandara, apa yang mereka lakukan, orang-orang memenuhi pesawat. Tapi sekarang kami telah membuat perimeter bandara aman. Ini adalah negara kami, rumah kami. Kami tahu seluk beluk rumah kami dan apa yang menguntungkan kami. Tidak ada negara di dunia yang menerima keamanan bandaranya sendiri oleh orang lain. Kami juga meminta semua orang untuk menghormati aturan dan kedaulatan mengunjungi negara tersebut.”

Baca juga  Produksi kendaraan lapis baja, Malaysia akan kerja sama dengan Turki

Pada hari Jumat, Presiden Recep Tayyip Erdoğan juga mengatakan “Jika diperlukan, kami bisa bertemu dengan Taliban.”

“Ketika ada ketukan di pintu tentang masalah ini, kami akan membuka pintu kami dan melakukan negosiasi,” tambah Erdogan.

Pemerintah Turki telah mengambil pendekatan pragmatis terhadap peristiwa baru-baru ini di Afghanistan.

Turki menekankan bahwa realitas baru telah muncul di Afghanistan. Ankara mengatakan akan bergerak maju sesuai dengan realitas itu sambil menjaga komunikasi tetap terbuka dengan semua aktor terkait.

Pekan lalu, Erdogan menyambut baik pernyataan moderat yang dibuat oleh pejabat Taliban dan mengumumkan bahwa Turki siap bekerja sama dengan semua pihak untuk memastikan perdamaian dan stabilitas.

Erdogan mengatakan bahwa kehadiran militer Turki di negara itu akan memperkuat tangan pemerintahan Afghanistan yang baru di arena internasional.

Presiden Turki juga mengumumkan bahwa pasukan Turki akan melindungi Bandara Internasional Kabul Hamid Karzai dan memastikan evakuasi berlanjut dengan aman dan damai.

Erdogan baru-baru ini juga mengatakan bahwa Turki telah menunjukkan upaya yang diperlukan baik dalam hal infrastruktur dan suprastruktur di Afghanistan dengan segala cara, dan masih melanjutkan pekerjaan ini.

Menteri Luar Negeri Mevlüt Cavuşoğlu juga menyatakan bahwa Turki akan bertindak berkoordinasi dengan masyarakat internasional mengenai posisinya atas pengakuan pemerintah baru di Afghanistan.

Sumber: Daily Sabah, AA

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x