Selasa, Oktober 19, 2021
Asia

AS potong akses Taliban ke semua aset Afghanistan, termasuk 22 ton emas di New York

TURKINESIA.NET – WASHINGTON. Amerika Serikat membekukan cadangan pemerintah Afghanistan yang disimpan di bank-bank Amerika. AS mencoba untuk memotong akses Taliban ke miliaran dolar setelah kelompok itu mengambil alih negara itu.

Laporan The Washington Post mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut yang berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk membahas kebijakan pemerintah yang belum diumumkan.

Sumber tersebut mengatakan keputusan itu dibuat oleh Menteri Keuangan Presiden AS Joe Biden Janet Yellen dan pejabat di Kantor Pengawasan Aset Asing Departemen Keuangan. Departemen Luar Negeri dan Gedung Putih juga terlibat dalam keputusan itu, menurut laporan itu.

“Setiap aset bank sentral yang dimiliki pemerintah Afghanistan di AS tidak akan tersedia untuk Taliban,” kata seorang pejabat pemerintah yang dikutip oleh laporan itu.

Sementara itu, pemerintahan Biden diperkirakan akan menghadapi pilihan sulit mengenai bagaimana mengelola sanksi yang ada terhadap Taliban karena ini akan mempersulit pengiriman bantuan kemanusiaan internasional kepada warga sipil di Afghanistan.

Taliban baru-baru ini menyatakan perang di Afghanistan telah berakhir setelah menguasai istana presiden di Kabul, sementara negara-negara Barat bergegas untuk mengevakuasi warganya.

Dikutip dari CNN, Kementerian Keuangan Amerika telah meminta Federal Reserve (The Fed) dan bank-bank yang mengelola aset Afghanistan untuk membekukannya. Dengan begitu, Taliban tidak bisa menggunakannya.

Amerika masih khawatir Taliban akan menggunakan aset Afghanistan untuk kepentingan terorisme. Hal tersebut mengacu pada hubungan lama Taliban dengan kelompok teroris Al Qaeda.

“Mayoritas aset Bank Sentral Afghanistan tidak berada di Afghanistan. Untuk aset yang berada di Amerika, sudah diblok agar tidak dijangkau Taliban,” ujar pejabat pemerintahan Amerika, yang enggan disebutkan namanya.

Menurut laporan Reuters, Bank Sentral Afghanistan diketahui memiliki aset dengan nilai total US$10 miliar (Rp143 triliun). Angka tersebut termasuk cadangan emas senilai US$1,3 miliar dan US$362 juta mata uang asing. []

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x