Sabtu, September 18, 2021
Lifestyle

Turki pantau efek negatif K-Pop pada generasi muda

ANKARA

Kementerian Keluarga dan Layanan Sosial Turki telah memutuskan untuk memulai penelitian tentang K-Pop (musik pop Korea) dan memantau efeknya pada generasi muda Turki secara dekat. Keputusan itu diambil setelah tiga gadis diketahui kabur dari rumah mereka untuk pergi ke Korea Selatan.

“Kementerian sedang meneliti tuduhan bahwa K-Pop mengalihkan perhatian orang muda dari orang tua mereka dan mengarahkan mereka ke gaya hidup tanpa gender,” lapor harian Milliyet pada 29 Agustus.

Pada 10 Agustus, dua perempuan bersaudara dan seorang teman mereka kabur dari rumah di lingkungan Hadımköy di Istanbul dengan niat untuk pergi ke Korea Selatan karena kecintaan mereka pada K-Pop dan K-drama (serial TV Korea).

BTS, EXO, Blackpink, Big Bang, GOT7, RedVelvet, TXT dan Twice adalah band K-Pop paling terkenal. BTS memiliki sekitar 20 juta pengikut di media sosial yang oleh anggota band disebut “army.”

“Kementerian sedang meneliti ‘budaya dunia populer dan peningkatan kesehatan anak-anak.’ Para pejabat berpikir musik beberapa negara memiliki pengaruh pada generasi muda Turki,” ungkap harian itu tentang peningkatan minat terhadap K-Pop.

“Tren yang muncul di beberapa negara yang mendapat manfaat dari media massa, internet, dan teknologi, mengubah citra negara-negara tersebut menjadi baik dengan bantuan penggemar di seluruh dunia,” kata sumber kementerian, yang meminta tidak disebutkan namanya.

“Tren ini muncul dari serial TV, film, musik, fashion, kuliner, bahasa atau pariwisata,” tambah mereka.

“Penggemar tren global ini memiliki gaya hidup yang sama karena produk populer yang mereka miliki bersama.”

“Band pop Korea membangkitkan kekaguman secara global dengan gambar dan gaya musik mereka yang berbeda dengan menggunakan media sosial secara efektif,” kata para pejabat.

Baca juga  Guinness World Record: Turki tanam pohon terbanyak dalam satu jam

Harian itu menggarisbawahi bahwa kementerian sedang memantau platform media sosial terkenal, terutama Twitter dan YouTube, tentang kebangkitan K-Pop di Turki.

“Liga penggemar bersama di akun online dan mengkonsolidasikan ikatan mereka dengan band K-Pop dengan menyebut diri mereka nama panggilan khusus,” tambahnya.

Dalam lingkup pekerjaan kementerian tentang pengaruh budaya lain pada anak-anak muda Turki, sebuah direktori digital telah ditulis untuk generasi muda dan orang tua mereka, berbicara tentang bahaya digital yang dapat dihadapi anak-anak.

Kementerian juga menghubungi perwakilan platform media sosial di Turki untuk bersama-sama melawan konten online berbahaya yang akan berdampak negatif pada anak-anak.

Beberapa wawancara yang disebut “Pembicaraan Ramah Anak” telah mulai disiarkan di YouTube.

Untuk mempromosikan permainan tradisional Turki kepada anak-anak, pihak berwenang juga mengunjungi provinsi-provinsi Anatolia guna menyelenggarakan acara untuk anak-anak.

Beberapa lembaga yang berafiliasi dengan kementerian juga mengadakan lokakarya untuk anak-anak dan orang tua yang menceritakan pentingnya “privasi tubuh.”

Sekitar 637 kru mobil telah mengunjungi sekitar 125.000 remaja dan 40.000 orang tua untuk memberi tahu mereka tentang tren internet populer.

K-Pop adalah genre musik yang muncul dengan pembentukan salah satu grup K-pop paling awal, boy band “Seo Taiji and Boys” pada tahun 1992. Pada tahun 2003, TVXQ dan BoA memulai generasi baru K-Pop idola yang menyebarkan musik ke negara tetangga Jepang dan terus mempopulerkan K-pop secara internasional hari ini.

Menurut laporan Twitter yang diterbitkan pada September 2020, Turki adalah salah satu dari 20 negara yang pengguna Twitter aktif menulis dan menggunakan tagar di K-Pop. Lagu EXO “Obsession” dan BTS “On” adalah dua lagu yang paling banyak dikomentari oleh pengguna Twitter Turki, kata laporan itu.

Baca juga  Hampir satu juta orang kunjungi Turki untuk wisata kesehatan

Sumber: Hurriyet Daily News

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x