Selasa, Oktober 19, 2021
BalkanSejarah

Bascarsija, masjid bersejarah peninggalan Turki Utsmani di Sarajevo

Bascarsija, masjid bersejarah peninggalan Turki Utsmani di Bosnia

SEJARAH

Sarajevo, pusat budaya dan sejarah yang ada di Balkan, terkenal dengan keragaman agamanya. Sejak era Ottoman, kota ini telah menjadi tempat bagi beberapa agama, termasuk Islam. Di jantung kota adalah Bascarsija, lingkungan penuh warna yang dipenuhi dengan masjid, gereja, sinagog, dan banyak lainnya, melambangkan keragaman Sarajevo. Salah satu masjid tersebut adalah Masjid Bascarsija yang bersejarah peninggalan Turki Utsmani di Bosnia.

Dibangun pada tahun 1527 pada masa pemerintahan Suleiman Al-Qanuni, Masjid Bascarsija peninggalan Turki Utsmani di Bosnia memiliki satu kubah utama dan menara batu sepanjang 35 meter. Pintu masuknya ditandai dengan halaman serambi dengan tiga lengkungan dan kubah. Fitur yang paling menonjol dari masjid ini adalah akustik dan detail gambar tangan yang menghiasi interiornya.

 

Masjid ini memiliki sejarah pemugaran. Kerusakan awal akibat terjadinya kebakaran pada tahun 1697. Pada 1762, cat dan pahatan masjid diperbarui oleh Mehmed Pasha Muhsinovic. Ada juga upaya restorasi dari tahun 1866 hingga 1867.

Masjid kembali mengalami kerusakan selama Perang Bosnia tahun 1992- 1995.

Pemugaran Masjid Bascarsija terbaru dan terlengkap dilakukan oleh Direktorat Jenderal Yayasan Turki bekerja sama dengan Direktorat Wakaf Persatuan Islam Bosnia-Herzegovina Sarajevo.

Pemugaran Masjid Bascarsija adalah bagian dari beberapa proyek yang telah dilakukan Direktorat Jenderal Yayasan Turki dengan tujuan untuk memulihkan struktur Era Ottoman di Bosnia.

Hubungan antara Turki dan Bosnia-Herzegovina ini bertujuanuntuk melindungi warisan budaya bersama dan memperkuat ikatan antara kedua negara.

Pemugaran masjid memakan waktu tiga tahun dari 2017 hingga 2020. Meskipun masjid telah membuka pintunya untuk ibadah tahun lalu, upacara pembukaan yang awalnya ditetapkan untuk peringatan Isra Mikraj 2020 (21 Maret 2020) ditunda karena tindakan pencegahan Covid-19.

Baca juga  Erdogan: Genosida Srebrenica tak akan terlupakan sepanjang sejarah

Pada hari Jumat, 27 Agustus 2021, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghadiri pembukaan kembali masjid abad ke-16 itu.

Sumber: TRT World

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x