Senin, November 29, 2021
Sejarah

Turki temukan Kastil Urartian berusia 2.800

VAN

Sebuah tim arkeolog telah menemukan sebuah kastil yang berasal dari era Urartia di Turki timur.

Sisa-sisa kastil yang berasal dari 2.800 tahun yang lalu ditemukan selama proyek penggalian yang disponsori oleh Universitas Van Yuzuncu Yil.

Penggalian itu dilakukan di sebuah gunung di ketinggian 2.500 meter (8.200 kaki) di distrik Gurpinar, provinsi Van, timur Turki.

Sebuah waduk besar dengan kedalaman 6,5 meter, panjang 6,5 meter, dan diameter 2,5 meter, dinding, dan sisa-sisa keramik ditemukan di kastil.

“Meskipun diyakini berasal dari era Urartian seperti Kastil Van, kami melihat bahwa itu sebagian besar digunakan pada Abad Pertengahan,” ungkap Rafet Cavusoglu, kepala tim penggalian dan profesor arkeologi di Universitas Van Yuzuncu Yil, kepada Anadolu Agency.

“Kami memahami bahwa tempat ini dibangun sekitar 2.800 tahun yang lalu dari potongan keramik, tangki air, dan tembok kota,” kata Cavusoglu.

Sementara itu, ia juga mengungkapkan penemuan bahwa “batu kapur dan batu pasir digunakan dalam pembangunan tembok di wilayah tersebut. Kastil ini merupakan penemuan yang sangat penting bagi kami.”

Selain itu, kastil yang baru ditemukan akan berkontribusi pada kekayaan sejarah distrik tersebut, kata Hayrullah Tanis, walikota Gurpinar.

“Bekerja sama dengan Universitas Van Yuzuncu Yil, kami membuat penemuan penting di sini. Kami menemukan kastil baru yang menyaksikan periode Urartian dan Abad Pertengahan. Penemuan ini membuat kami bersemangat dalam hal pariwisata dan budaya,” tambah Tanis.

Sumber: Anadolu Agency 

 

 

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x