Sabtu, September 18, 2021
Wisata

Istana Ishak Pasha: Arsitektur Ottoman yang unik & mempesona

Istana Ishak Pasha

Istana Ishak Pasha yang terletak di distrik Doğubayazıt di Ağri, berdiri sebagai salah satu karya terpenting Kekaisaran Ottoman di timur. Bangunan itu tetap kokoh berdiri kokoh dengan struktur arsitektur uniknya yang utuh meski telah berusia ratusan tahun.

Istana Ishak Pasha merupakan salah satu karya terpenting Kekaisaran Ottoman di wilayah Anatolia Timur. Terletak di bukit di antara tebing curam, istana itu adalah salah satu karya Anatolia yang paling langka dengan tampilan sarang elang dan 116 kamar.

Sistem pemanas yang digunakan di Istana Ishak Pasha adalah salah satu contoh pertama dari jenisnya di Anatolia.

Bangunan bersejarah yang dibangun di atas bukit dengan ketinggian 1.900 meter (6.233 kaki) ini menjadi pusat perhatian wisatawan lokal dan mancanegara sepanjang tahun. Istana Ishak Pasha juga terdaftar dalam Daftar Tentatif Warisan Dunia UNESCO.

Istana ini dibangun di atas Jalur Sutra yang bersejarah, sebuah jaringan rute perdagangan yang menghubungkan Timur dan Barat dan merupakan pusat hubungan antara dua benua selama hampir 1.600 tahun.

Istana Ishak Pasha berdiri di atas lahan luas seluas 7.600 meter persegi (81.805 kaki persegi), di dekat perbatasan Iran dari Kekaisaran Ottoman. Letaknya di ketinggian mendatangkan keuntungan strategis yang unik bagi Kesultanan Ottoman.

Istana ini merupakan bagian arsitektur Ottoman yang unik karena banyak meminjam gaya dan tradisi Anatolia, Persia, dan Mesopotamia Utara. Istana ini menggabungkan semuanya dengan cara yang memukau yang juga sebagian besar dipengaruhi oleh arsitektur Seljuk.

Preseden sejarah istana kerajaan di ibu kota, seperti Bursa, Edirne dan Istanbul bertindak sebagai dasar untuk desain Ishak Pasha. Pada saat yang sama, pengaruh barat selama periode pasca-klasik juga bersinar, menurut daftar UNESCO istana.

Baca juga  Setelah dengar kekhawatiran aktivis, Emine kunjungi langsung Danau Salda

Pembangunan istana dimulai pada 1685 Coleh olak Abdi Pasha. Penyelesaiannya memakan waktu 99 tahun dan akhirnya selesai pada tahun 1784 oleh Ishak Pasha, keturunan Colak Abdi Pasha dan juga sanjakbey Childir Eyalet, yang merangkum Beyazıd Sanjak tempat istana itu berada.

Prasasti di gerbang mahkota bagian harem berbunyi bahwa itu dibangun pada tahun 1784 oleh Ishak Pasha II dari ldıroğulları beylic (kerajaan).

Setelah selesai, istana berfungsi sebagai pusat administrasi Beyazid Sanjak.

Istana menjalani restorasi selama 20 tahun setelah rusak oleh gempa bumi pada tahun 1840 dan kemudian ditinggalkan.

Selama bertahun-tahun, terutama pada abad ke-20 dan ke-21, pekerjaan restorasi tambahan dianggap perlu untuk melestarikan struktur sejarah.

Kompleks ini mencakup berbagai keindahan Ottoman untuk dilihat, termasuk fasad eksterior, lapangan dan masjid. Ada juga “selamlık,” bagian dari istana atau rumah Ottoman yang diperuntukkan bagi pria, berbeda dengan “seraglio”, yang diperuntukkan bagi wanita dan dilarang untuk pria.

Kompleks istana juga mencakup dapur, pemandian Turki, ruang bawah tanah, mausoleum, dan aula untuk upacara dan hiburan. Dan ada harem, ruang suci, tidak dapat diganggu gugat dan pribadi yang disediakan untuk wanita di istana dan rumah.

Sumber: Daily Sabah, IHA

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x