Sabtu, September 18, 2021
Teknologi

100 lagi metrobus produksi Turki akan beroperasi di Istanbul

ISTANBUL. Otokar, perusahaan yang memproduksi bus penumpang untuk kota metropolitan Istanbul (IBB), kini juga akan memproduksi metrobus yang seluruhnya dibuat di Turki.

Pada hari Senin, Otokar mengumumkan bahwa mereka menerima surat undangan setelah menawarkan penawaran terbaik dalam tender akuisisi 100 metrobus.

Metrobus yang beroperasi di jalur eksklusif yang membentang dari sisi Asia ke Eropa dari kota berpenduduk lebih dari 15 juta orang untuk jarak sekitar 50 kilometer (31 mil), adalah pilihan utama angkutan massal bagi jutaan orang.

Bus ini adalah pilihan yang paling layak untuk perjalanan yang lebih cepat melintasi kota tanpa terjebak dalam kemacetan lalu lintas yang padat. Lebih dari 600 metrobus, kebanyakan bus panjang impor, beroperasi di sepanjang jalur tersebut setiap hari.

Otokar, yang sebelumnya memasok hampir 900 bus ke layanan angkutan massal IBB, adalah satu-satunya penawar dalam tender metrobus baru yang diadakan bulan lalu. Tender tersebut menetapkan bahwa metrobus baru harus memiliki kapasitas setidaknya 190 penumpang.

Dalam pernyataan tertulis, perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi bus sepanjang 21 meter (69 kaki) dengan kapasitas 200 penumpang.

Metrobus baru akan menjadi versi lanjutan dari bus Kent buatan Otokar yang sudah digunakan di kota.

General Manager Otokar Serdar Görgüç mengatakan bahwa lebih dari 1.000 bus angkutan umum perusahaan mereka telah melayani IBB sejak 2012.

“Sebagai produsen bus terkemuka di Turki, kami mengetahui kondisi dan tantangan transportasi umum di Istanbul, salah satu kota terbesar di dunia. Kami menyadari tanggung jawab yang dibutuhkan angkutan umum Istanbul. Kami membawa pengalaman kami untuk pengembangan produk kami. Kami merancang dan mengembangkan versi 21 meter dari KENT C (Bus Kota) artikulasi, yang menyediakan perjalanan yang aman bagi jutaan penumpang setiap hari di Turki dan di seluruh dunia,” katanya.

Baca juga  Penemuan warga Turki: Batu nisan bertenaga surya yang dapat lantunkan murottal

Anak perusahaan dari konglomerat Turki terkemuka Koç Holding, Otokar adalah salah satu produsen kendaraan komersial dan militer terkemuka di negara ini dengan ekspor ke lebih dari 35 negara dan usaha patungan di Prancis, Uni Emirat Arab (UEA), serta Rumania dan Kazakhstan.

Sumber: Daily Sabah

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x