Senin, November 29, 2021
Indonesia-Turki

KJRI Istanbul gelar “Indonesian Day” untuk berdayakan ekonomi diaspora

ISTANBUL. Konsulat Jenderal RI menggelar acara perkenalan budaya “Indonesian Day” kepada masyarakat lokal dan asing di Istanbul guna memperdayakan ekonomi diaspora Indonesia.

Menekankan pemberdayaan ekonomi diaspora, KJRI Istanbul menghadirkan UKM warga Indonesia diaspora yang berdomisili di sana untuk menyajikan ragam kuliner nusantara di kantor baru KJRI Istanbul di daerah Besiktas, Istanbul pada 9 September.

Sebanyak 500 pengunjung yang terdiri dari warga asing Friend of Indonesia dan warga Indonesia memeriahkan acara yang mengikuti protokol kesehatan setempat.

Acara yang dihadiri Konsul Jenderal Malaysia di Istanbul dan Konsul Jenderal Filipina di Istanbul sebagai tamu undangan resmi menampilkan pertunjukan kebudayaan Indonesia yang dibina KJRI Istanbul yaitu Pencak Silat, Tari Cendrawasih dari Bali serta Tari Betawi oleh Gita Seni dan Budaya Indonesia.

Konsul Jenderal RI di Istanbul Imam As’ari menyampaikan tujuan acara tersebut untuk memberikan kontribusi pemajuan serta penguatan ekonomi dan kepentingan Indonesia.

“Bekerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat Indonesia diaspora dan Friend of Indonesia, KJRI Istanbul akan terus meningkatkan dan memperluas pelayanan serta melakukan upaya penguatan pemberdayaan ekonomi diaspora Indonesia melalui platform Marmara Diaspora Network,” tutur Imam.

Selain menyajikan bazar kuliner dan pertunjukan budaya, KJRI Istanbul juga menghadirkan kegiatan perluasan pelayanan kepada warga asing dan warga Indonesia melalui kegiatan yang dikemas dalam “Bincang Kekonsuleran” terkait isu seputar pernikahan, izin tinggal dan izin kerja.

Sejumlah pengunjung asing memiliki rasa ingin tahu tinggi tentang keimigrasian karena mereka ingin segera berkunjung wisata dan urusan bisnis lainnya ke Indonesia.

Tertarik dalam inisiasi penguatan ekonomi, masyarakat juga antusias mengikuti kegiatan “Diaspora Talks” yang diisi oleh pembicara-pembicara dari warga Indonesia diaspora yang sukses dalam kegiatan tersebut.

Baca juga  Gubernur Aceh dan Dubes Turki jadi narasumber Forum Duta Besar di TVRI

Sumber: https://www.aa.com.tr/id/nasional/kjri-istanbul-berdayakan-ekonomi-diaspora-dengan-perkenalan-budaya-indonesia/2361966

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x