Senin, November 29, 2021
Eropa

Rusia senang dengan peningkatan kerja sama Turki dalam pertahanan

TURKINESIA.NET – MOSKOW. Yuri Pilipson, direktur Eropa Keempat Kementerian Luar Negeri Rusia, mengatakan negaranya menghargai pembelian sistem pertahanan udara Rusia S-400 oleh Turki meskipun ada tekanan politik asing, dan bahwa ia melihat potensi luar biasa dalam kerja sama kedua negara.

“Kami memantau perkembangan kerja sama Turki-Rusia dengan sangat puas, termasuk bidang kerja sama militer dan teknis. Pelaksanaan proyek bersama, khususnya pasokan sistem S-400 Triumf ke Ankara pada 2019, menunjukkan tekad kedua negara untuk memajukan kolaborasi di domain ini. Kami melihat potensi penting dalam hal ini,” kata Pilipson.
“Kami menghargai posisi mitra Turki kami yang bertindak sejalan dengan tugas nasional untuk memastikan kemampuan pertahanan meskipun ada tekanan eksternal yang terbuka,” kata Pilipson kepada kantor berita Sputnik. Ditanya tentang pembelian sistem tambahan S-400 oleh Ankara, Pilipson mengatakan bahwa “departemen terkait sedang berhubungan untuk pengembangan lebih lanjut kerja sama teknis militer kami. Biarkan pihak berwenang dan spesialis bekerja dengan tenang, tidak perlu terburu-buru. ”
Hubungan antara sekutu NATO Turki dan AS sangat tegang karena akuisisi sistem pertahanan udara Rusia S-400 oleh Ankara, yang mendorong Washington untuk mengeluarkan Turki dari program jet F-35 Lightning II.
AS berpendapat bahwa sistem tersebut dapat digunakan oleh Rusia untuk secara diam-diam mendapatkan rincian rahasia pada jet Lockheed Martin F-35 dan tidak kompatibel dengan sistem NATO. Turki, bagaimanapun, menegaskan bahwa S-400 tidak akan diintegrasikan ke dalam sistem NATO dan tidak akan menimbulkan ancaman bagi aliansi.
Pembicaraan sebelumnya antara Turki dan AS tentang pembelian Patriot gagal karena sejumlah masalah, mulai dari S-400 hingga ketidakpuasan Ankara dengan persyaratan Washington. Turki mengatakan hanya akan menyetujui tawaran jika itu mencakup transfer teknologi dan persyaratan produksi bersama.

Sumber: Daily Sabah

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x