Selasa, Oktober 19, 2021
Eropa

Di tengah ketegangan dengan Turki, Yunani tambah 6 jet tempur Rafale dari Prancis

ATHENA. Yunani mengumumkan pada hari Sabtu bahwa mereka berencana untuk membeli lagi enam pesawat tempur Rafale karena ketegangan terus berkobar dengan Turki di Mediterania Timur. Sejauh ini Athena telah memesan 18 jet.

“Segera akan ada 24,” kata Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis dalam pidato di Thessaloniki yang disiarkan di televisi Yunani.

Yunani dan Turki hampir saja terlibat konfrontasi militer dalam perselisihan tentang eksplorasi gas di Mediterania Timur tahun lalu.

Athena juga terlibat dalam negosiasi untuk membeli empat fregat baru, menurut laporan media Yunani.

Turki telah sering menyuarakan bahwa mereka mengharapkan tetangganya Yunani untuk mengadopsi solusi politik damai daripada yang agresif. Menteri Pertahanan Hulusi Akar baru-baru ini menyatakan pada bulan Juli bahwa jet Rafale bekas Prancis tidak akan mengubah keseimbangan kekuatan di wilayah tersebut.

Berbicara saat itu tentang pembelian jet Rafale Prancis di Athena, Akar mengatakan: “Mereka telah terlibat dalam perlombaan senjata. Mereka membeli jet, senjata, peralatan. Tidak mungkin mengubah keseimbangan daya dengan beberapa jet bekas.”

Yunani telah mengalokasikan 11,5 miliar euro ($ 14 miliar) untuk modernisasi angkatan bersenjatanya selama lima tahun ke depan, pada saat ketegangan meningkat dengan negara tetangga Turki.

Sumber: Daily Sabah

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x