Selasa, Oktober 19, 2021
Asia

Taliban ingin eratkan hubungan dengan Turki karena faktor historis

Bulan Sabit Merah Turki bagikan makanan kepada 100 keluarga di Afghanistan

Juru bicara Taliban Suhail Shaheen mengatakan bahwa Taliban ingin jalin hubungan dengan Turki. Ia menganggap Turki sebagai negara yang memiliki hubungan historis dengan Afghanistan.

Menyinggung hubungan yang mengakar antara kedua negara, juru bicara Taliban itu mengatakan mereka ingin bekerja sama dengan Ankara di banyak bidang. Dia mencatat bahwa insinyur Turki dan orang lain yang bekerja di Afghanistan telah berkontribusi pada negara itu.

“Kami ingin memperkuat dan meningkatkan hubungan itu di masa depan,” kata Shaheen kepada situs berita Turkish Haberler.com.

Bidang kerja sama potensial dapat mencakup pendidikan, konstruksi dan sektor ekonomi, melalui investasi, yang menurut Shaheen akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

Menanggapi pertanyaan tentang bagaimana Taliban melihat kebijakan luar negeri Presiden Recep Tayyip Erdoğan, Shaheen mengatakan setiap negara memiliki kebijakan mereka sendiri yang dibentuk sesuai dengan kepentingan terbaik bangsanya.

“Kami menghormati itu,” katanya, seraya menambahkan bahwa setiap negara berhak untuk membentuk kebijakannya sendiri dan bahwa Taliban ingin fokus pada kepentingan dan tujuan bersama.

“Kami menganggap Turki sebagai negara saudara Muslim,” kata Shaheen.

Juru bicara Taliban itu juga mengatakan telah ada kemajuan sehubungan dengan pengoperasian bandara Kabul di tengah pembicaraan yang sedang berlangsung antara Turki dan Qatar dan dia mengatakan mereka berharap bandara akan beroperasi dalam beberapa hari mendatang.

Sumber: Daily Sabah

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x