Selasa, Oktober 19, 2021
Pendidikan

YTB membangun jembatan budaya antara Turki dan Serbia

Direktorat Turki di Luar Negeri dan Komunitas Terkait (YTB), sebuah badan publik yang berfokus pada pengembangan hubungan dengan komunitas yang memiliki ikatan sejarah dengan Turki, membantu meningkatkan hubungan dengan Serbia. Melalui proyek pendidikan, sosial, budaya dan ekonomi, YTB telah meningkatkan hubungan bilateral dua negara yang sejarahnya telah terjalin sejak zaman Ottoman.

Kehadiran YTB telah berkembang di Balkan, dari Kosovo hingga Albania. Kegiatan pendidikannya menonjol di Serbia. Melalui Beasiswa Türkiye, agensi tersebut menawarkan pendidikan universitas di Turki untuk sejumlah besar siswa di Serbia. Sejak 2012, YTB adalah penyedia beasiswa Turki untuk 407 siswa dari Serbia.

Proyek Sekolah Pemuda Balkan di bawah YTB yang didirikan untuk meningkatkan pengembangan sosial, budaya dan akademik komunitas terkait di Balkan, baru-baru ini diperkenalkan di wilayah Sandzak Serbia. Ratusan siswa di wilayah tersebut yang banyak dihuni oleh etnis Bosniak, mendapat manfaat dari proyek yang menyediakan kelas pendidikan tentang sejarah, budaya, agama, lokakarya, seminar, dan konferensi.

Juga di Sandzak, YTB berada di belakang proyek untuk menciptakan inventarisasi budaya takbenda Bosnia dalam upaya untuk menyampaikan identitas etnis dan regional masyarakat kepada generasi mendatang dan melestarikan nilai-nilai budaya. Pekerjaan inventarisasi bertujuan untuk mempersiapkan database setelah studi lapangan dan penelitian literatur oleh para ahli di lokasi, untuk kepentingan peneliti masa depan.

Di ibu kota Serbia, Beograd, YTB menyiapkan antologi pada seratus tahun berdirinya departemen Turkologi di Universitas Beograd. Dengan bantuan profesor Mirjana Teodosijevic, YTB menyusun studi ilmiah, publikasi, foto, dan materi lain yang terkait dengan sejarah departemen.

Baru-baru ini, YTB mengatur perjalanan untuk 44 siswa yang belajar bahasa Turki di Pusat Kebudayaan Turki di kota Novi Pazar Serbia. Para siswa diberi tur Turki antara 30 Juni dan 7 Juli. Pusat ini berfungsi sebagai tempat pendidikan bahasa Turki utama di Novi Pazar bagi penduduk setempat.

Baca juga  Turki bantu alat produski masker dan disinfektan untuk Serbia

Sumber: Daily Sabah

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x