Selasa, Oktober 19, 2021
Timur Tengah

Turki kerahkan lebih banyak pasukan ke Idlib jelang pertemuan Erdogan-Putin

TURKINESIA.NET – IDLIB. Militer Turki telah mengerahkan lebih banyak pasukan di jalan raya M4 di selatan Idlib yang dikuasai oposisi barat laut Suriah dan siap untuk setiap operasi darat potensial di tengah gelombang serangan oleh rezim Bashar Assad.

Pengerahan itu dilakukan hanya beberapa hari sebelum pertemuan yang dijadwalkan antara Presiden Recep Tayyip Erdoğan dan timpalannya dari Rusia Vladimir Putin minggu ini di Sochi.

Rezim Assad dan pendukungnya Rusia telah meningkatkan serangan mereka di provinsi Idlib barat laut Suriah sejak Agustus sebagai bagian dari kampanye militer selama berminggu-minggu di benteng oposisi.

Penduduk, serta sumber oposisi dan militer, mengatakan bahwa jet Rusia membom desa-desa di sekitar kota Afrin pada Minggu. Rusia mengintensifkan serangan udara selama seminggu terakhir di kota-kota dan desa-desa yang dikuasai oleh kelompok oposisi yang didukung Turki.

Sumber oposisi mengatakan sedikitnya lima pejuang dari faksi yang didukung Turki tewas sementara sedikitnya 12 warga sipil terluka ketika jet Rusia yang terbang di ketinggian menjatuhkan persenjataan, menurut jaringan pengintai pesawat yang mendokumentasikan penampakan jet tempur.

Kampanye pemboman Rusia telah menyebar dari Jabal al-Zawiya di provinsi Idlib lebih jauh ke barat laut ke daerah Afrin dekat perbatasan Turki, dengan penembakan dari pos-pos tentara rezim Suriah yang dibantu oleh milisi yang didukung Iran.

“Eskalasi Rusia telah meningkat minggu ini dan dimulai dari provinsi Idlib dan sekarang membentang ke daerah-daerah di provinsi Aleppo utara di sepanjang perbatasan,” ungkap Mayor Youssef Hamoud, juru bicara Tentara Nasional Suriah (SNA), pasukan oposisi utama yang didukung Turki kepada Reuters.

Eskalasi terjadi beberapa hari sebelum Erdogan diperkirakan akan bertemu Putin di Sochi Rabu untuk membahas kesepakatan yang dicapai tahun lalu yang mengakhiri serangan tentara rezim Suriah yang dipimpin Rusia yang membuat hampir satu juta orang mengungsi di Idlib, dalam perpindahan kemanusiaan terbesar dalam lebih dari satu dekade. konflik lama.

Baca juga  Idlib digempur Rusia dan rezim Assad, dalam dua hari 25.000 orang mengungsi ke Turki

Erdogan mengatakan pada hari Jumat bahwa dia akan berusaha untuk membawa hubungan dengan Moskow “lebih jauh” ketika dia bertemu dengan Putin. “Kami berusaha untuk memajukan hubungan bilateral kami dengan Rusia,” tegasnya.

Sumber: Daily Sabah

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x