Selasa, Oktober 19, 2021
Politik

Oğuzhan Asiltürk, sahabat Erbakan sekaligus pendiri Partai Saadet meninggal dunia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Oğuzhan Asiltürk, ketua Dewan Penasihat Tinggi Partai Saadet (SP), meninggal pada usia 86 pada hari Jumat setelah terkena COVID-19 bulan lalu. Asiltürk dirawat di rumah sakit di Ankara pada 14 September karena sesak napas, terkait dengan pneumonia.

Presiden Recep Tayyip Erdoğan menyampaikan belasungkawa di media sosial atas kematian politisi veteran itu.

“Saya mendoakan rahmat Allah atas saudara kita tercinta, Oğuzhan Asiltürk, ketua Dewan Penasihat Tinggi Partai Saadet dan kepala Asosiasi Milli Görüş dan nama penting dalam sejarah politik kita,” tulisnya dalam pesan belasungkawa di Twitter.

Ketua Partai Saadet Temel Karamollaoğlu juga mentweet: “Kepala Dewan Penasihat Tinggi kami, seorang pendamping dan seorang pria dengan tujuan, Oğuzhan Asiltürk telah meninggal. Belasungkawa saya untuk orang-orang dan komunitas kami.”

Menteri Luar Negeri Mevlüt Cavuşoğlu, Ketua oposisi Partai Baik (IP) Meral Akşener, Ketua Parlemen Mustafa entop dan Walikota Ankara Mansur Yavaş juga di antara pejabat tinggi dan politisi yang menyampaikan belasungkawa setelah meninggalnya Asiltürk.

Asiltürk telah menjadi anggota dewan Ankara periode 14 dan 15, serta wakil Malatya periode 19, 20 dan 21. Dia juga pernah menjabat sebagai menteri dalam negeri dan menteri industri dan teknologi Turki.

Ia merupakan salah satu pendiri Partai Saadet dan dipilih sebagai kepala Dewan Penasihat Tinggi setelah kematian mantan Perdana Menteri Necmettin Erbakan.

Asiltürk adalah bagian dari gerakan “Visi Nasional” (Milli Görüş) dan mengepalai asosiasi Milli Görüş.

Gerakan ini didirikan oleh Erbakan dan saat ini diwakili oleh Partai Saadet, yang didirikan setelah pendahulunya, Partai Fazilet (FP) dan Partai Refah (RP), dilarang oleh Mahkamah Konstitusi Turki.

Sumber: Daily Sabah

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x