Selasa, Oktober 19, 2021
Timur Tengah

Perusahaan Turki putus pasokan listrik untuk Lebanon

TURKINESIA.NET – ANKARA. Sebuah perusahaan Turki yang menyediakan listrik ke Lebanon dari dua kapal listrik di lepas pantai Beirut telah menghentikan pasokan. Perusahaan itu, pada hari Jumat mengatakan bahwa kontrak dengan perusahaan listrik negara Lebanon telah berakhir.

Perusahaan Turki Karpowership telah menyediakan listrik selama delapan tahun terakhir untuk Lebanon. Dikatakan sebelumnya bahwa perusahaan listrik negara Libanon berutang pembayaran jatuh tempo kepada Karpowership  lebih dari $100 juta.

Lebanon sedang bergulat dengan krisis ekonomi yang mencakup kekurangan bahan bakar dan listrik; pemadaman berlangsung hingga 22 jam sehari.

“Selama delapan tahun kami beroperasi di Lebanon, terlepas dari semua tantangan, kami telah melakukan semua yang kami bisa untuk mendukung rakyat Lebanon,” kata Karpowership dalam pernyataannya.

Sejak 2013, perusahaan itu telah menyediakan sekitar 370 megawatt – sekitar seperempat dari pasokan Lebanon – dari generator raksasa di dua tongkangnya yang berlabuh di selatan dan utara ibu kota, Beirut.

Karpowership mengatakan kontraknya berakhir pada Kamis tengah malam. Pada bulan Mei, perusahaan secara singkat menutup operasinya karena pembayaran yang tertunda dan ancaman tindakan hukum terhadap kapalnya.

Pemadaman listrik telah menjadi bagian dari kehidupan di negara Mediterania ini sejak perang saudara 1975-1990. Lebanon sebagian besar mengandalkan diesel impor untuk generator bertenaga milik kartel yang menerangi rumah-rumah penduduk tanpa adanya listrik yang disediakan pemerintah.

Lebanon berharap dapat meningkatkan produksi dalam beberapa minggu mendatang dengan pasokan listrik dari Yordania dan pasokan gas alam Mesir ke salah satu pembangkit listrik utamanya.

Sumber: Daily Sabah

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x