Selasa, Oktober 19, 2021
Erdoganpedia

Erdogan: Dunia internasional tidak boleh mengabaikan rakyat Afghanistan

TURKINESIA.NET – ANKARA. Komunitas global tidak boleh meninggalkan rakyat Afghanistan karena memastikan stabilitas di negara itu sangat penting bagi semua negara, kata Presiden Recep Tayyip Erdoğan Selasa.

Erdogan pada hari Selasa mengusulkan pembentukan kelompok kerja untuk Afghanistan di bawah G-20. Ia menekankan bahwa Turki siap untuk memimpin kelompok kerja tersebut.

“Memastikan keamanan dan stabilitas di Afghanistan sesegera mungkin sangat penting tidak hanya di tingkat regional tetapi juga di tingkat internasional,” kata Erdogan, berbicara pada pertemuan luar biasa G-20 tentang Afghanistan melalui konferensi video dari Vahdettin Mansion di Istanbul.

Dia menggarisbawahi bahwa terlepas dari proses politik, ada kebutuhan untuk menunjukkan solidaritas yang kuat dengan rakyat Afghanistan karena krisis kemanusiaan yang semakin dalam di negara itu.

“Masyarakat internasional tidak memiliki kemewahan untuk memunggungi rakyat Afghanistan dan meninggalkan negara ini pada nasibnya sendiri,” tambahnya.

Erdogan menekankan bahwa Turki akan terus memenuhi “tugas persaudaraan” untuk rakyat Afghanistan di hari-hari yang sulit ini.

Presiden juga mengatakan masyarakat internasional harus menjaga saluran dialog tetap terbuka dengan Taliban  untuk “dengan sabar dan bertahap mengarahkan” ke arah pembentukan pemerintahan yang lebih inklusif.

“Kami belum melihat inklusivitas yang diperlukan dari mereka dalam masalah bantuan kemanusiaan, keamanan dan pencegahan Afghanistan menjadi basis organisasi teror dan pencegahan ekstremisme,” ungkap Erdogan.

Dia mengulangi bahwa Turki yang telah menampung lebih dari 3,6 juta warga Suriah, tidak dapat menanggung beban masuknya migran dari Afghanistan. Ia juga memperingatkan bahwa negara-negara Eropa juga akan terpengaruh oleh gelombang migran baru.

“Tidak dapat dihindari bahwa negara-negara Eropa juga akan terpengaruh oleh tekanan migrasi yang akan dihadapi Turki di perbatasan selatan dan timurnya,” katanya.

Baca juga  Sekjen NATO mengaku terkejut dengan kemajuan Taliban

Sumber: Daily Sabah

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x