Minggu, Januari 16, 2022
Teknologi

Pakar kesehatan Turki: Vaksin Turkovac ampuh terhadap varian Omicron

TURKINESIA.NET – ANKARA. Profesor Ateş Kara, Direktur Institut Vaksin Turki dan anggota Dewan Penasihat Ilmiah Coronavirus Kementerian Kesehatan, memperingatkan bahwa ada risiko serius yang terlibat dengan penyebaran varian Covid. Ilmuan ini menambahkan bahwa kemanjuran vaksin Turki sendiri, Turkovac, menunjukkan janji kemanjuran terhadap varian virus corona.

“Omicron memiliki risiko besar, penyebarannya sangat cepat, menyebabkan peningkatan jumlah yang sangat cepat,” kata Kara kepada Anadolu Agency (AA). “Misalnya, kami mengatakan bahwa varian delta menyebar sangat cepat, satu orang menyebar ke enam orang, dan transformasi delta menjadi bentuk dominan bervariasi sesuai dengan geografinya.

“Misalnya, ketika memasuki kota Sanlıurfa, jangka waktu semua kasus di kota itu dari delta adalah seperti 6 minggu. Menurut data di Eropa, periode dalam omicron ini adalah dua atau tiga minggu. Dengan kata lain, itu ditransmisikan hampir dua kali lebih cepat.”

Kara menyatakan, studi kemanjuran vaksin Turkovac juga terus dilakukan secara intensif. Ia menegaskan, pihaknya senang dengan animo yang diperlihatkan warga terhadap vaksin.

Kara menyatakan bahwa ketika data dan penelitian dianalisis, “tingkat antibodi yang kami peroleh tampaknya memberikan perlindungan terhadap omicron.”

“Pekerjaan kami ke arah ini dan upaya kami untuk menggabungkan data ilmiah terus berlanjut. Ketika kami membandingkan Turkovac dengan data yang kami miliki, itu juga memberikan perlindungan terhadap omicron, tetapi berapa lama itu akan bertahan, tidak mungkin untuk mengatakannya sekarang.”

Kara menyatakan bahwa warga di Turki sekarang memiliki kesadaran yang serius tentang vaksinasi. Memperhatikan bahwa Turki memulai aplikasi dosis booster lebih awal daripada negara lain di dunia, Kara menyatakan bahwa situasi ini memainkan peran penting dalam mengurangi efek virus.

Kara menekankan pentingnya dosis booster.

Baca juga  Diusir dari program F-35, Turki butuh 10.000 insinyur untuk memacu produksi pesawat tempur nasional

“Salah satu poin penting adalah kita tahu bahwa mereka yang telah divaksinasi, terutama yang memiliki dosis booster, dapat terlindungi dari omicron. Kita tahu bahwa dosis booster sangat penting dalam hal ini.”

“Aplikasi dosis booster di Turki dimulai sedikit lebih awal daripada di Eropa, ini adalah keuntungan, tetapi poin penting di sini adalah, sangat penting bagi orang-orang yang waktunya tiba untuk memiliki dosis booster, bagi yang belum divaksin agar divaksinasi, agar wabah ini berhenti, untuk mencegah penyebaran omicron dan agar terhindar dari COVID-19.”

Aykut Ozdarendeli dari Universitas Erciyes Turki dan salah satu ilmuwan Turki yang mengembangkan jab. Ia mengatakan bahwa pekerjaan akan segera dimulai untuk menentukan kemanjuran vaksin melawan omicron.

Ozdarendeli mengatakan bahwa tim mengamati “perlindungan 100%” terhadap varian delta dan alfa pada tikus transgenik yang disuntik dengan vaksin.

“Kami berencana untuk memulai studi tentang isolasi varian omicron sesegera mungkin, karena kami melihat bahwa omicron dengan cepat menjadi dominan di seluruh dunia,” katanya. “Kami akan segera melihat efektivitas Turkovac melawan omicron.”

Sementara uji coba vaksin Fase 3 sedang berlangsung, data dari tes Fase 1 dan Fase 2, serta data praklinis, disatukan dalam aplikasi untuk persetujuan penggunaan darurat, katanya.

Kementerian Kesehatan Turki mengumumkan persetujuan penggunaan darurat Turkovac minggu lalu.

Ozdarendeli mendesak semua yang memenuhi syarat, yang belum divaksinasi atau tertular virus, untuk berpartisipasi dalam uji coba Fase 3.

Sumber: Daily Sabah

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x