Senin, Oktober 3, 2022
Ekonomi

Jembatan pertama Kanal Istanbul akan dibangun bulan Juni

Jembatan pertama Kanal Istanbul akan dibangun bulan Juni - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Jembatan pertama yang akan dibangun di atas proyek Kanal Istanbul yang menghubungkan Laut Hitam ke Mediterania akan dimulai pada bulan Juni, kata Menteri Transportasi dan Infrastruktur, Jumat.

Adil Karaismailoğlu juga membantah tuduhan baru-baru ini bahwa beberapa pemberi pinjaman dilaporkan enggan mendanai proyek tersebut.

“Kami akan meletakkan dasar untuk jembatan pertama Kanal Istanbul dengan Presiden kami (Recep Tayyip Erdoğan) pada bulan Juni,” kata Karaismailoğlu kepada wartawan.

“Kami akan melanjutkan pembuatan jembatan lainnya. 2021 akan menjadi tahun yang penting bagi Kanal Istanbul. Tujuan kami adalah mengadakan tender dan mulai bekerja dengan kecepatan penuh,” kata Karaismailoğlu.

Tertunda selama satu dekade lalu, proyek Kanal Istanbul akan menghubungkan Laut Hitam di utara Istanbul ke Laut Marmara di selatan dan bermaksud untuk membendung risiko yang ditimbulkan oleh kapal-kapal yang membawa barang berbahaya melalui Bosporus, terutama kapal tanker minyak.

Erdogan mengatakan kanal itu akan melindungi Bosporus, salah satu jalur maritim tersibuk di dunia yang melintasi jantung kota Istanbul, dengan mengalihkan lalu lintas dan dimaksudkan untuk mencegah kecelakaan serupa seperti  tahun-tahun sebelumnya.

Awal bulan ini, presiden berjanji untuk melanjutkan rencana tersebut.

“Suka atau tidak, kami akan mulai dan akan membangunnya,” kata Erdogan mengacu pada kritik dari partai-partai oposisi dan penentang lainnya atas biaya dan dampak lingkungan.

Erdogan mengatakan kanal tersebut “akan memberikan kehidupan baru ke wilayah tersebut.”

Tender kanal akan segera dilakukan, tambahnya.

Karaismailoğlu mengatakan sekitar enam jembatan akan dibangun di jalur kanal.

“Kita harus melakukan ini secepat mungkin karena ini adalah proyek jalur air alternatif untuk lalu lintas Bosporus di Istanbul,” kata menteri itu.

Baca juga  Turki siapkan 1,2 miliar lira untuk dukung industri lokal

Kementerian Lingkungan Turki telah melakukan penilaian lingkungan yang membuka jalan bagi kelanjutan proyek.

Kanal sepanjang 45 kilometer (27,96 mil) akan dibangun di koridor Küçükçekmece-Sazlıdere-Durusu Istanbul.

Sumber: Daily Sabah

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: