Senin, Oktober 3, 2022
Peristiwa

Kampung halamannya dilanda banjir, Erdogan mudik & kucurkan bantuan besar-besaran

Kampung halamannya dilanda banjir, Erdogan mudik & kucurkan bantuan besar-besaran - Turkinesia

TURKINESIA.NET – RIZE. Presiden Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Jumat berkunjung ke kota kelahirannya Rize di wilayah Laut Hitam Turki yang dilanda banjir. Dalam kunjungan tersebut, Erdogan mengumumkan bahwa pemerintah akan membangun 550 rumah di tahap pertama bagi mereka yang terkena dampak musibah. Pernyataan itu disampaikan dalam pidatonya kepada masyarakat di distrik Guneysu.

“Pada tahap pertama, kami akan membangun total 550 bangunan untuk bangunan yang terkena dampak bencana banjir pada 15 Juli dan berisiko terkena bencana di seluruh Rize,” ungkapnya.

Presiden Erdogan juga menekankan pemberian berbagai bantuan kepada mereka yang terkena dampak bencana, termasuk transportasi, sewa dan kebutuhan mendesak.

Provinsi Rize telah menyaksikan bencana banjir dan tanah longsor akibat hujan lebat pada 14 Juli, yang menewaskan 6 orang, dan aliran deras serupa terjadi di negara bagian Artvin yang berdekatan pada Rabu lalu.

Sekitar 3 juta lira Turki (350.000 USD) telah dikirimkan untuk bantuan kawasan dan bantuan untuk sewa serta relokasi telah diberikan kepada para korban banjir di Rize, kata presiden.

Erdogan juga mengatakan bahwa 665 bangunan telah ditemukan berada di bawah risiko banjir di Rize. “Sementara daerah ini sedang dievakuasi, kami mewujudkan proyek kami untuk menyembuhkan luka.”

“Air disuplai ke seluruh wilayah bencana, dan tidak ada masalah dalam air minum, energi, atau komunikasi,” tambahnya.

Di wilayah Rize saja, sejauh ini 2.860 personel termasuk 328 anggota tim SAR, serta 705 kendaraan telah bekerja, kata Erdogan. “Hampir semua dari 426 jalan yang ditutup karena banjir telah dibuka untuk lalu lintas.”

Provinsi Artvin yang bertetangga dengan Rize juga telah terkena hujan lebat, sekitar 200 orang telah dievakuasi karena banjir di wilayah tersebut pada hari Kamis.

Baca juga  Dicuri dari masjid 19 tahun lalu, Turki bawa pulang ubin abad ke-16 dari Belanda

Sungai Arhavi meluap karena hujan deras yang berdampak buruk pada pusat distrik dan jalan desa di Artvin, kata Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD).

Menteri Kesehatan Fahrettin Koca mengatakan di Twitter bahwa satu orang yang diselamatkan dari reruntuhan di Arhavi dan dibawa ke rumah sakit dalam kondisi baik.

Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu dan Menteri Transportasi dan Infrastruktur Adil Karaismailoglu juga mengunjungi wilayah yang dilanda banjir pada hari Kamis.

Sumber: Daily Sabah Arabic, Anadolu Agency English

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: