Rabu, Oktober 5, 2022
Ekonomi

Kapal feri listrik terbesar di dunia buatan Turki sudah beroperasi di Norwegia

Kapal feri listrik terbesar di dunia buatan Turki sudah beroperasi di Norwegia - Turkinesia

TURKINESIA.NET – OSLO. Feri listrik terbesar di dunia yang dibangun di Turki telah mulai beroperasi di Norwegia, kata Dubes Oslo untuk Ankara Erling Skjonsberg, Selasa. Feri tersebut mampu mengangkut 200 mobil serta 600 penumpang, tambahnya.

Dubes Oslo untuk Yunani juga mengumumkan dimulainya operasi feri sehari sebelumnya.

“Feri listrik terbesar di dunia telah mulai beroperasi di Norwegia hari ini, 1 Maret.” tulis Dubes itu di Twitter.

Perusahaan pelayaran Norwegia, Basto Fosen dalam sebuah pernyataan tertulis pada 1 Maret mengatakan: “Feri itu dibuat di Turki. Baterai serta sistem pengisian daya untuk pengisian cepat dikirim dari pabrik baterai Siemens Energy di Trondheim.”

Lebih lanjut dikatakan bahwa feri tersebut akan beroperasi antara pantai Moss Norwegia dan kota Horten.

Bulan lalu, Direktur Jenderal Galangan Kapal Sefine Süleyman Akın Tuzcuoğlu telah mengumumkan bahwa kapal feri Basto Electric NB42 yang dibangun oleh perusahaan Turki, Sefine Shipyard, dikirim ke Basto Fosen setelah melalui berbagai pengujian.

“Karakteristik terpenting dari feri yang kami kembangkan untuk Norwegia adalah ramah lingkungan. NB42 yang merupakan salah satu kapal induk dengan kapasitas baterai tertinggi 4,3 MW akan beroperasi di antara jalur penyeberangan tersibuk negara (Norwegia), yaitu kawasan Moss-Horten,” tandasnya.

Setelah menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1926, Oslo dan Ankara telah mempertahankan hubungan persahabatan sambil melanjutkan kerja sama yang erat sebagai dua negara anggota NATO.

Barang ekspor utama Turki ke Norwegia adalah kapal pesiar, kapal ekskursi dan kapal sejenis untuk pengangkutan orang atau barang, kapal penangkap ikan, kendaraan untuk pengangkutan barang dan mobil, sedangkan barang impor utama dari Norwegia adalah gas minyak bumi dan gas hidrokarbon lainnya serta ikan dan ferroalloy, produk logam yang digunakan sebagai bahan baku feed di pembuatan baja.

Baca juga  Turki dan Qatar tanda tangani 10 perjanjian baru, di antaranya penjualan 10% bursa saham Turki

Sumber: Daily Sabah

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: