Selasa, September 27, 2022
Militer

Kecelakaan keempat kali di Turki sejak 1996, helikopter militer Cougar jadi sorotan

Kecelakaan keempat kali di Turki sejak 1996, helikopter militer Cougar jadi sorotan - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Kecelakaan helikopter militer Cougar merupakan insiden keempat yang melibatkan model pesawat tertentu yang telah menyebabkan kematian 39 orang, termasuk dua perwira militer berpangkat tinggi di negara itu.

Helikopter produk bersama perusahaan Jerman-Prancis itu memasuki inventaris Angkatan Bersenjata Turki pada tahun 1996. Dua puluh pesawat diperoleh dari Prancis dan 30 lagi dibuat di fasilitas Dirgantara Turki, sehingga jumlah totalnya menjadi 50.

Dalam insiden terbaru, menurut pernyataan Kementerian Pertahanan Turki, helikopter Cougar lepas landas dari provinsi Bingöl, Turki timur pada pukul 13:55 Kamis dan dalam perjalanan ke distrik Tatvan provinsi Bitlis ketika kontak dengan pesawat hilang sekitar pukul 14:25. Sebelas tentara di dalam helikopter tewas dalam kecelakaan itu.

Demikian pula pada tahun 2017, 13 tentara, termasuk seorang jenderal, tewas ketika helikopter Cougar mereka menghantam saluran listrik dan jatuh di provinsi Şırnak, Turki tenggara dekat perbatasan dengan Irak. Mayor Jenderal Aydın, komandan Komando Divisi Perbatasan Gendarmerie ke-23 di Şırnak adalah prajurit berpangkat tertinggi yang tewas dalam kecelakaan itu.

Kecelakaan pertama terjadi pada 4 Juni 1997, ketika teroris PKK menargetkan pasukan Turki di Irak utara dengan peluru kendali, menewaskan 11 tentara. Pada saat itu helikopter tidak dilengkapi dengan sistem pertahanan anti-rudal, itulah sebabnya sebagian besar penggunaannya digunakan di wilayah Barat.

Kecelakaan Cougar kedua terjadi di distrik Eğirdir provinsi Isparta pada tanggal 29 April 2003, selama penerbangan pelatihan terjerat kabel listrik bertegangan tinggi, menewaskan empat tentara.

Sumber: Daily Sabah

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: