Minggu, Agustus 14, 2022
Palestina

Kemenlu Turki kecam pernyataan UNRWA Gaza yang bela serangan Israel

Kemenlu Turki kecam pernyataan UNRWA Gaza yang bela serangan Israel - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Kementerian Luar Negeri Turki mengecam pernyataan yang dibuat oleh Matthias Schmale, direktur Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) di Jalur Gaza. Dalam pernyataannya, Matthias Schmale membenarkan agresi Israel terhadap warga sipil di daerah kantong yang diblokade.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tanju Bilgiç menyebut pernyataan Matthias Schmale “tidak benar, sangat disayangkan, dan sangat berbahaya.”

“Saya bukan ahli militer, tapi dari sudut pandang saya, ada ketelitian tinggi dalam pemboman tentara Israel selama 11 hari terakhir,” kata Schmale sebelumnya.

Pernyataan yang dikeluarkan langsung oleh lembaga tersebut menunjukkan bahwa, gedung dan sekolah UNRWA rusak parah dalam serangan Israel di Gaza, kata Bilgiç.

Serangan terhadap warga sipil, rumah sakit, badan amal serta kantor media didokumentasikan oleh “gambar waktu nyata oleh media internasional yang beroperasi di wilayah tersebut,” lanjut Bilgic.

“Menurut laporan status harian UNRWA tentang serangan ini, 19 anak yang kehilangan nyawanya adalah siswa sekolah UNRWA,” tambahnya.

Juru bicara itu menekankan, “Pernyataan pejabat UNRWA tersebut di Gaza tidak memiliki tujuan lain selain memutarbalikkan fakta di lapangan dengan mengabaikan penggunaan kekuatan Israel yang berlebihan, tidak proporsional dan sembarangan, sehingga memperdalam kesedihan rakyat Palestina lebih jauh.”

Setidaknya 284 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak dan 39 wanita, tewas di Tepi Barat dan Jalur Gaza oleh tentara Israel sejak April.

Tiga belas orang Israel juga tewas dalam tembakan roket Palestina dari Jalur Gaza. Pertempuran, yang paling sengit dalam beberapa tahun, terhenti pada hari Jumat di bawah gencatan senjata yang ditengahi Mesir.

Sumber: Anadolu Agency English

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: