Minggu, September 25, 2022
Humanitarian

Kereta Amal keempat Turki berangkat ke Afghanistan antar ribuan ton bantuan

Bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan
Bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan

TURKINESIA.NET – ANKARA. “Kereta Amal ” Turki yang keempat membawa bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan berangkat dari ibu kota Ankara pada hari Rabu.

Mengikuti instruksi Presiden Recep Tayyip Erdoğan, upacara perpisahan diadakan di Stasiun Kereta Api Ankara yang bersejarah.

Kereta itu akan membawa makanan, pakaian dan perlengkapan kesehatan dalam lingkup “Proyek Kereta Kebaikan Afghanistan.”

Inisiatif ini telah diselenggarakan dengan dukungan dari 25 organisasi non-pemerintah (LSM) yang datang bersama di bawah koordinasi Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD).

Berbicara pada upacara tersebut, Wakil Menteri Dalam Negeri Ismail Catakli mengatakan bahwa kereta akan mengirimkan 1.478 ton bahan bantuan ke Afghanistan.

Ia juga menggarisbawahi fakta bahwa Afghanistan telah menghadapi perang, konflik internal, kelaparan dan kesengsaraan selama bertahun-tahun.

“Sekitar 3,5 juta orang mengungsi dan hampir 25 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan dasar. Ada sekitar 13,5 juta anak-anak yang memiliki akses ke makanan pokok itu sulit,” jelas Catakli.

Ia menekankan bahwa bangsa Turki telah berdiri bersama kaum tertindas di setiap periode sejarah.

“Saat melakukan ini, Turki tidak melihat agama atau sekte mereka. Turki tidak melihat warna mata, rambut, dan kulit mereka. Turki tidak melihat geografi apa mereka berada. Kami mewarisi pemahaman ini dari nenek moyang kami. Hari ini kami melanjutkan pemahaman itu dan saya harap kami akan meneruskan kepercayaan ini kepada anak-anak kami,” Ungkap Catakli.

Ketua AFAD Yunus Sezer menekankan bahwa Turki memberikan bantuan kepada orang-orang yang menghadapi kesulitan di negara-negara seperti Ukraina, Afghanistan dan Lebanon.

“Layanan kereta api kami akan menjangkau mereka yang membutuhkan selama bulan suci Ramadhan. Dalam hal ini, kami akan mengucapkan selamat tinggal pada kereta bantuan yang sangat berharga,” tutur Yunus Sezer.

Baca juga  Lembaga amal Turki bantu 2.000 keluarga di Afrin, Suriah

Setelah pidato, kereta pertama dari ekspedisi keempat Proyek Kereta Api Amal memulai perjalanannya ke Afghanistan, di mana 2.663 ton bantuan kemanusiaan sejauh ini telah dikirimkan dalam lingkup proyek di atas tujuh kereta api dalam tiga perjalanan pada bulan Januari dan Februari.

Kelompok-kelompok bantuan menggambarkan penderitaan Afghanistan sebagai salah satu krisis kemanusiaan yang berkembang pesat di dunia.

Menurut PBB, setengah dari populasi sekarang menghadapi kelaparan akut, lebih dari 9 juta orang telah mengungsi dan jutaan anak-anak putus sekolah.

Sebelumnya, PBB dan mitranya meluncurkan seruan pendanaan senilai $4,4 miliar untuk mencegah bencana kemanusiaan di Afghanistan pada 2022. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga telah memperingatkan bahwa jutaan warga Afghanistan berada di ambang kematian. Ia mendesak masyarakat internasional untuk melepaskan aset beku Afghanistan dan memulai kembali sistem perbankannya.

Sumber: Daily Sabah

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: