- Advertisement -
Internasional

Ketua Parlemen Turki mundur jelang pemilihan wali kota

TURKINESIA.NET – ANKARA. Kandidat dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) yang berkuasa di Istanbul, Binali Yildirim, menyerahkan jabatannya kepada Ketua Parlemen sementara Celal Adan pada Selasa.

“Selama tujuh bulan terakhir, saya berusaha keras untuk bekerja dalam harmoni dengan semua kelompok dengan prinsip lebih sedikit kontroversi dan lebih banyak konsensus, yang didasarkan pada rekonsiliasi,” ujar Yildirim.

“Pikiran saya tenang saat meninggalkan kantor hari ini,” kata Yildirim kepada wartawan di parlemen selama upacara serah terima jabatan.

Dia mengatakan bahwa parlemen Turki akan terus melangkah di bawah sistem pemerintahan presidensial yang baru, yang diadopsi dalam referendum April 2017.

Sebelum pengunduran dirinya, Yildirim mengajukan dua mosi tentang hak-hak hewan dan ketergantungan teknologi untuk diteliti.

Sementara itu, Celal Adan mengatakan bahwa Yildirim meninggalkan jabatannya di parlemen untuk melayani kota metropolitan terbesar di Turki, Istanbul.

“Sebagai warga negara yang tinggal di Istanbul, saya pikir perjalanan baru Anda adalah peluang untuk Istanbul dan Turki,” kata Adan.

[adinserter block=”1″]

Parlemen diperkirakan akan memilih seorang ketua baru pada Minggu, 24 Februari dalam pemungutan suara yang dilakukan secara rahasia.

Partai Gerakan Nasionalis (MHP) mengumumkan bahwa mereka akan mendukung kandidat Partai AK untuk menjadi ketua parlemen.

Dalam dua putaran pertama pemungutan suara, setidaknya 401 dari 600 suara diperlukan untuk memenangkan jabatan ketua. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: