Senin, Oktober 3, 2022
Eropa

Komentari kekalahan negaranya di Karabakh, mantan Jubir Kemenhan Armenia: Kita bukan tandingan ‘negara adidaya Turki’

Komentari kekalahan negaranya di Karabakh, mantan Jubir Kemenhan Armenia: Kita bukan tandingan 'negara adidaya Turki' - Turkinesia

TURKINESIA.NET – YEREVAN. Beberapa bulan setelah Azerbaijan mendapatkan kembali kendali atas wilayah yang diduduki oleh Armenia, kekalahan memalukan Yerevan yang mengirimkan gelombang kejutan di seluruh negeri terus menjadi berita utama.

Baru-baru ini beredar penilaian serius mantan juru bicara Kementerian Pertahanan Armenia, Artsrun Hovhannisyan, tentang peran Turki dalam konflik Karabakh.

Menurut laporan internasional, dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Hovhannisyan mengakui bahwa tentara negaranya tidak sebanding dengan drone canggih Turki yang telah mengubah permainan di Suriah dan Libya.

Ditanya tentang peran Turki dalam konflik Karabakh, Hovhannisyan menunjuk bahwa “intervensi Turki adalah salah satu alasan mengapa Armenia kalah perang.”

Hovhannisyan juga menekankan bahwa Armenia sedang menghadapi musuh yang memiliki kekuatan “sepuluh hingga dua belas kali lebih besar,” dengan mengatakan bahwa “menghadapi negara adidaya seperti itu sangat sulit.”

Selama konflik 44 hari di Karabakh, Azerbaijan membebaskan beberapa kota dan hampir 300 pemukiman serta desa, sementara itu setidaknya 2.802 tentaranya menjadi martir. Ada klaim berbeda tentang jumlah korban di pihak Armenia yang menurut sumber dan pejabat, bisa mencapai 5.000.

Kedua negara menandatangani perjanjian yang ditengahi Rusia pada 10 November untuk mengakhiri pertempuran dan bekerja menuju resolusi yang komprehensif.

Sebuah pusat gabungan Turki-Rusia sedang didirikan untuk memantau gencatan senjata. Pasukan penjaga perdamaian Rusia juga telah dikerahkan di wilayah tersebut.

Gencatan senjata dipandang sebagai kemenangan Azerbaijan dan kekalahan Armenia yang angkatan bersenjatanya ditarik sesuai dengan kesepakatan. Namun, pelanggaran telah dilaporkan dalam beberapa minggu terakhir. Beberapa tentara Armenia dikatakan bersembunyi di daerah kantong pegunungan.

Sumber: Yeni Safak

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ayam jantan dari timur
Ayam jantan dari timur
1 year ago

Betul TURKI 🇹🇷 negara adidaya yg baik dan beradab dan bermartabat dan menjujung tinggi nilai HAM. TURKI 🇹🇷.. sejak zaman OTTOMAN,, sdh menjadi negara adidaya yg menguasai 3 benua atau hampir seluruh dunia menguasainya selama 600 tahun.. kalau TURKI 🇹🇷 menjadi kekuatan baru saat ini dan menjadi negara adidaya dan pemimpin global itu hal hal yg wajar.. yg penting jangan menjdi negara Adi daya yg membantai suku indian dan Hiroshima Nagasaki yg tdk berprikemanusiaan, dk bermoral, dan tidak bermartabat dalam sepanjang sejarah. Hanya meninggalkan coretan paling kelam di masa lalu.. dan UPS sampai sekarang..hahahhahahaj

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: