Senin, Oktober 3, 2022
Ekonomi

KTT Kazan berakhir, Erdogan tekankan pentingnya kerja sama dengan dunia Islam & Rusia

KTT Kazan berakhir, Erdogan tekankan pentingnya kerja sama dengan dunia Islam & Rusia - Turkinesia

TURKINESIA.NET – TATARSTAN. Pertemuan ekonomi besar internasional KTT Kazan 2021 berakhir pada hari Jumat di ibukota republik Rusia Tatarstan.

Acara yang berlangsung selama tiga hari itu menarik sekitar 4.750 pengunjung dari 64 negara.

Sejumlah kesepakatan kerja sama di berbagai bidang seperti pertanian, pembangunan mesin, media, dan pangan disepakati dalam KTT tersebut.

KTT itu bertujuan untuk memperkuat hubungan antara Rusia dan negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam.

KTT tersebut juga membahas tentang keuangan kemitraan, industri halal, diplomasi pemuda, kedokteran, olahraga, industri kreatif, pengembangan ekspor, bisnis, dan investasi.

Sebuah pameran Expo Halal Rusia diadakan di acara tersebut yang menekankan “konsumsi secara sadar”.

Pada hari Kamis, Presiden Erdogan menekankan bahwa Turki sangat mementingkan pengembangan kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan, pertahanan, pariwisata, dan investasi dengan Rusia dan negara-negara Islam atas dasar win-win solution.

Dalam pesannya yang dibacakan pada Kazan Summit Internasional ke-12, di mana Anadolu Agency menjadi mitra komunikasi global, Erdogan mengatakan bahwa angka ekspor dan pertumbuhan untuk kuartal pertama menunjukkan keberhasilan berkelanjutan Turki pada 2021.

“Kami akan melanjutkan momentum yang telah kami capai dalam perdagangan, investasi, industri, dan logistik dengan menggunakan jendela peluang yang dibuka oleh pandemi dengan cara yang paling efektif,” kata Erdogan.

“Di satu sisi, kami memajukan hubungan kami dengan tetangga kami mulai dari geografi terdekat, dan di sisi lain, kami berusaha untuk meningkatkan peluang perdagangan dan investasi antar negara-negara Islam.”

“Baru-baru ini kami mempercepat kegiatan kami untuk standar dan sertifikasi makanan halal,” tutur presiden Turki.

Data ekonomi selama pandemi mengungkapkan bahwa meskipun iklim ekonomi negatif dan kegagalan dalam rantai pasokan dan logistik, Turki berhasil menutup tahun 2020 dengan tingkat pertumbuhan 1,8 persen, ujar Erdogan.

Baca juga  Ilmuwan Turki akan memproduksi obat virus corona dalam waktu 6 bulan

Dia menggarisbawahi bahwa Turki akan terus memperhatikan masalah makanan halal yang memiliki potensi ekonomi yang serius, dan untuk itu negara telah melakukan upaya besar untuk pelembagaan dan standardisasi.

Presiden Turki menyampaikan harapan bahwa Kazan Summit akan memberikan kontribusi positif bagi kepentingan bersama.

Sumber: Anadolu Agency

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: