Senin, Agustus 8, 2022
Kontra-teror

Kunjungan Menhan Turki ke pangkalan militer di Irak utara menuai kemarahan Baghdad

Kunjungan Menhan Turki ke pangkalan militer di Irak utara menuai kemarahan Baghdad - Turkinesia

TURKINESIA.NET – BAGHDAD. Kementerian Luar Negeri Irak pada Senin memanggil perwakilan diplomatik Turki di ibu kota Baghdad untuk menyatakan keprihatinan mereka atas kunjungan akhir pekan Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar ke pangkalan militer di Irak utara.

Kemenlu Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa, pihaknya menyerahkan nota protes kepada kuasa hukum Turki terkait kunjungan Akar ke pangkalan Turki di Irak utara.

Menurut pernyataan itu, kementerian mengatakan kepada pejabat tinggi Kedutaan Besar Turki bahwa Baghdad “dengan tegas menolak pelanggaran kedaulatan Irak yang terus berlanjut oleh pasukan militer Turki.”

Pada hari Sabtu, Akar mengunjungi pangkalan militer Angkatan Bersenjata Turki (TSK) di Irak utara didampingi oleh Kepala Staf Umum Jenderal Yaşar Güler dan Komandan Angkatan Darat Turki Ümit Dündar untuk mengawasi operasi militer Cakar-Petir dan Cakar-Halilintar Turki melawan kelompok teroris PKK.

Turki mengatakan bahwa operasi dan pangkalan lintas batasnya bukanlah pelanggaran kedaulatan Irak tetapi upaya untuk memberantas ancaman teroris regional. Turki telah menekankan penghormatannya terhadap kedaulatan Irak dan integritas teritorial.

Teroris PKK sering menggunakan Irak utara sebagai pangkalan untuk merencanakan serangan teroris lintas batas terhadap Turki. Angkatan Bersenjata Turki (TSK) secara teratur melakukan operasi lintas batas di Irak utara. Turki telah lama menekankan bahwa mereka tidak akan mentolerir ancaman teroris yang ditimbulkan terhadap keamanan nasionalnya dan telah meminta para pejabat Irak untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna membasmi kelompok teroris tersebut. Sebelumnya, Ankara menekankan bahwa jika langkah-langkah yang diharapkan tidak diambil, Turki tidak bisa menghindar untuk mengambil tindakan sendiri.

Sumber: Daily Sabah

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: