Jumat, Agustus 12, 2022
Timur Tengah

Kurdi Vs Kurdi: Teroris YPG tewaskan pasukan Peshmerga Irak karena bersekutu dengan Turki

Kurdi Vs Kurdi: Teroris YPG tewaskan pasukan Peshmerga Irak karena bersekutu dengan Turki - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ARBIL. Teroris PKK membunuh seorang pejuang Peshmerga di wilayah Duhok yang dikuasai Pemerintah Daerah Kurdistan Irak (KRG), kata Anadolu Agency (AA) pada hari Selasa,mengutip sumber-sumber lokal.

Serangan itu terjadi di kotapraja Derkar di distrik Zaho Selasa pagi, kata Edib Jafar, seorang pejabat kotapraja.

Seorang penembak jitu PKK menyerang pejuang Peshmerga dalam sebuah penyergapan.

Pada hari Jumat, para teroris membunuh lima pejuang Peshmerga lainnya di distrik Gunung Matin di provinsi Dohuk.

Sementara itu, beberapa situs web pro-PKK melaporkan klaim tidak berdasar yang menganggap Angkatan Bersenjata Turki (TSK) bertanggung jawab atas serangan itu. Namun pernyataan pejabat KRG mengatakan bahwa mayat dua teroris PKK yang telah ditemukan di tempat kejadian membantah tuduhan tersebut.

Pernyataan oleh sumber kementerian datang sebagai tanggapan atas klaim tersebut, dan mereka mencatat bahwa kelompok teroris menargetkan tentara Peshmerga yang bertugas untuk memastikan perdamaian dan keselamatan orang-orang yang tinggal di desa mereka.

Irak Utara dikenal sebagai lokasi banyak persembunyian teroris PKK dan pangkalan tempat mereka melakukan serangan terhadap Turki.

Militer Turki secara teratur melakukan operasi lintas batas di Irak utara. Turki telah lama menekankan bahwa mereka tidak akan mentolerir ancaman teroris terhadap keamanan nasionalnya dan telah meminta pejabat Irak untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna melenyapkan kelompok teroris tersebut.

Ankara sebelumnya mencatat bahwa jika langkah-langkah yang diharapkan tidak diambil, pihaknya tidak akan menghindar dari menargetkan ancaman teroris.

Setelah serangan PKK pada hari Sabtu, Kementerian Pertahanan Turki meminta komunitas global untuk menghentikan dukungan mereka untuk PKK dan cabang-cabangnya di Suriah dan Irak.

“Dengan menyerang Peshmerga, PKK/KCK/YPG sekali lagi menunjukkan bahwa mereka merupakan ancaman terbesar bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan itu,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa para teroris telah menunjukkan bahwa mereka tidak dapat mewakili orang-orang Kurdi.

Baca juga  Ketua pengungsi PBB menyerukan keselamatan warga sipil di Idlib

November lalu, gubernur Dohuk menyerukan untuk menghapus kehadiran PKK di provinsi tersebut menyusul serangan bom mobil terhadap pasukan Peshmerga, di mana tiga tentara terluka.

Dalam lebih dari 40 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa – telah bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang, termasuk perempuan dan anak-anak.

Sumber: Daily Sabah

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: