Senin, Agustus 15, 2022
InternasionalPendidikan

Mahasiswa Suriah jadi lulusan terbaik di sebuah universitas Turki

TURKINESIA.NET – TRAKYA. Seorang mahasiswa Suriah menjadi lulusan terbaik dari sebuah universitas di barat laut Turki.

Muhammad Yaser Yağan, awalnya  telah terdaftar di Departemen Teknik Elektronika dan Komunikasi Universitas Homs pada tahun 2014 tetapi harus meninggalkan pendidikan karena meningkatnya konflik di wilayah tersebut. Ia kemudian datang ke kota tetangga, Trakya di barat laut Turki untuk mencari perlindungan.

Berkat reintegrasi pemerintah Turki untuk warga Suriah, mahasiswa berusia 23 tahun ini mendapat hak untuk melanjutkan pendidikannya di Departemen Teknik Listrik dan Elektronik Universitas Trakya setelah mengambil kelas persiapan (bahasa) Turki selama satu tahun.

Yagan menerima gelar dan sertifikat prestasi dari Wakil Dekan Profesor Muhammet Murat Tahir selama upacara kelulusan yang diadakan pada hari Senin.

Berbicara kepada wartawan setelah upacara, Yağan mengatakan bahwa dia merasakan kebahagiaan yang tak terlukiskan.

Yağan mengatakan bahwa setelah perang dimulai pada 2011 mereka harus “meninggalkan lingkungan kami, daerah tempat kami tinggal. Kondisi kehidupan sangat sulit karena perang.”

Dia juga mengatakan bahwa ibunya datang ke Turki juga, tahun lalu dan mereka telah hidup bersama sejak itu.

[adinserter block=”1″]

Yağan juga mengatakan bahwa dia sangat senang berada di Turki dan “sangat berterima kasih”, menambahkan bahwa dia pikir dirinya harus  membalas jasa Turki dengan cara tertentu.

“Saya berutang banyak kepada Republik Turki dan bangsa Turki,” katanya, juga berterima kasih kepada para profesornya karena tidak pernah membuatnya merasa seperti orang asing. [Daily Sabah]

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: