Senin, September 26, 2022
Eropa

Majalah Prancis meretweet artikel kontroversial ‘Bagaimana cara menghentikan Erdogan?’

Majalah Prancis meretweet artikel kontroversial ‘Bagaimana cara menghentikan Erdogan?’ - Turkinesia

TURKINESIA.NET – PARIS. Sebuah majalah Prancis meretweet tulisan opini dan editorial (op-ed) yang menargetkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan setelah kunjungan terbaru kepala Komisi Uni Eropa ke Ankara pada hari Rabu.

Op-ed berjudul “Bagaimana cara menghentikan Erdogan?”, awalnya diterbitkan oleh jurnal berbahasa Prancis Le Grand Continent pada Oktober tahun lalu.

Artikel tersebut menyoroti semua peristiwa politik yang terjadi antara Turki dan UE selama 18 tahun masa jabatan Presiden Erdogan.

“Polanya jelas: Turki menjadi pemain yang kuat, negara adidaya regional,” tulis Luuk van Middelaar, penulis artikel tersebut.

Dia melanjutkan dengan menguraikan perkembangan terakhir di Azerbaijan, Mediterania Timur, Siprus dan Yunani, serta krisis migran sebagai contoh dari “eskalasi kekerasan.”

Op-ed tersebut kemudian mendesak para pemimpin Uni Eropa untuk mengambil tindakan, dengan menunjuk bahwa “ini adalah masalah kekuasaan dan kekuatan tandingan, dan untuk bertindak sesuai dengan itu”.

Presiden Komisi Eropa Von der Leyen bersama dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel pada hari Rabu melakukan kunjungan resmi ke Ankara sebagai bagian dari upaya diplomatik untuk meningkatkan hubungan antara blok tersebut dan Turki.

Ankara telah berulang kali menyuarakan kritik atas kegagalan UE untuk memenuhi janjinya.

UE menyelesaikan kontrak akhir untuk paket dukungan pengungsi € 6 miliar ($ 7,2 miliar) pada Desember 2020. Tetapi jumlah yang sebenarnya dikeluarkan oleh UE untuk kebutuhan para pengungsi Suriah hanya di bawah € 4,5 miliar pada Maret 2021, menurut angka UE.

Turki telah menjadi titik transit utama bagi para migran dan pengungsi yang ingin menyeberang ke Eropa untuk memulai hidup baru, terutama mereka yang melarikan diri dari perang dan penganiayaan di negara-negara tetangga.

Baca juga  Bersekutu dengan Turki, akankah Azerbaijan menjadi negara Sunni?

Sumber: Yeni Safak

4.2 5 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: