Sabtu, Agustus 13, 2022
Ekonomi

Maskapai penerbangan Arab Saudi memulai kembali penerbangan ke Istanbul

Maskapai penerbangan Arab Saudi memulai kembali penerbangan ke Istanbul - Turkinesia

TURKINESIA.NET – RIYADH. Maskapai penerbangan Arab Saudi, Saudia, pada hari Sabtu melanjutkan penerbangan ke Istanbul setelah jeda dua tahun karena pandemi virus corona.

Sebuah penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai mendarat di Bandara Istanbul pada hari Sabtu dari Jeddah dengan 130 penumpang di dalamnya.

Penumpang disambut dengan bunga setibanya di bandara.

Saudia akan mengoperasikan penerbangan harian dari kota Mekah dan Madinah ke Istanbul. Maskapai ini, sementara itu, akan menerbangkan tiga penerbangan setiap minggu antara ibu kota Saudi, Riyadh dan Istanbul.

Presiden Recep Tayyip Erdoğan akhir bulan lalu melakukan kunjungan tingkat tinggi pertama ke Arab Saudi dalam beberapa tahun, setelah itu dia mengatakan kedua negara memiliki keinginan yang sama untuk “mengaktifkan kembali potensi ekonomi yang besar.”

Erdogan mengatakan kunjungannya adalah contoh dari keinginan bersama untuk memulai periode baru dengan Riyadh dan berpotensi memulai era baru dalam kerja sama politik, militer, ekonomi dan budaya. Dia juga menyampaikan harapan bahwa kunjungan tersebut akan meningkatkan hubungan atas dasar saling menghormati dan percaya.

Setelah pertemuan itu, Erdogan mengatakan Ankara dan Riyadh sepakat tentang perlunya mempertemukan para pebisnis dan investor dari kedua negara.

Setelah Musim Semi Arab 2011, perbedaan ideologis dan tujuan kebijakan luar negeri yang bersaing mengarahkan Ankara dan Riyadh ke arah yang berbeda, menjadikan mereka saingan regional yang sengit.

Hubungan antara Turki dan Arab Saudi menukik segera setelah itu, tetapi kedua negara sekarang berusaha untuk menghidupkan kembali hubungan.

Sumber: Daily Sabah

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: