Selasa, Agustus 9, 2022
Teknologi

Media Spanyol sebut drone Turki penakluk dunia

Media Spanyol sebut drone Turki penakluk dunia - Turkinesia

TURKINESIA.NET –  MADRID. Surat kabar Spanyol, El Periodico, dalam sebuah liputan ekstensif tentang keberhasilan kendaraan udara tak berawak Turki (SİHA) menyebut drone itu menaklukkan dunia.

“Kendaraan udara tak berawak Turki menaklukkan dunia. SİHA Turki telah mengubah sifat perang. Berlian di mahkota tentara Turki,” kata pernyataan itu.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di surat kabar El Periodico, disebutkan bahwa SİHA menunjukkan keberhasilan yang luar biasa dalam konflik di Suriah, Libya dan Nagorno-Karabakh, dan perbandingan dibuat dengan SİHA sebagai “berlian di mahkota militer Turki”.

Laporan berjudul “Pesawat tak berawak Turki menaklukkan dunia” itu, penulis mencatat bahwa UAV tempur Ankara “menghentikan serangan rezim Assad di Suriah hanya dalam beberapa hari,” sambil juga menyoroti bahwa armada pesawat tak berawak Turki memaksa panglima perang Libya Khalifa Haftar untuk menandatangani perjanjian gencatan senjata di negara yang dilanda perang itu.

Banyak tank milik rezim Assad dinetralkan hanya dalam beberapa hari, bersama dengan senjata dan sistem pertahanan udara anti-pesawat buatan Rusia, sebut artikel itu.

“Lusinan sistem anti-pesawat Rusia dihancurkan, selain sejumlah besar tank dan bagian artileri. Ada rahasia sukses Turki. Senjata yang terbukti memegang kunci perang: drone canggih, ”lanjut laporan itu.

“Sistem ini efektif karena mereka menggunakan sistem proyektil terpandu, selain sistem peperangan elektronik yang berhubungan dengan drone,” kata Michaël Tanchum, seorang profesor di Universitas Navarra.

Laporan itu juga menggarisbawahi bagaimana drone Bayraktar TB2 Turki berfungsi untuk memberi keseimbangan dalam mendukung Azerbaijan dalam konflik Karabakh musim gugur lalu.

“Penggunaan siha yang efektif di Turki, telah mengubah sifat perang. Tapi ini tidak hanya terkait dengan siha. Siha sangat efektif karena penuh dengan sistem elektronik canggih yang akan memenuhi biaya banyak negara. Selain itu, banyak negara tidak memiliki cukup tenaga terlatih untuk menggunakan sistem ini,” katanya.

Baca juga  Atas peranan drone buatannya, menantu Erdogan terima penghargaan "Medali Karabakh" dari Azerbaijan

Strategi drone Turki telah menuai pujian di seluruh dunia, mendorong banyak negara untuk menilai kembali strategi pertahanan mereka mengingat keberhasilan Ankara baru-baru ini dalam mengubah keseimbangan di medan perang di Libya, Suriah, dan Nagorno-Karabakh.

UAV bersenjata Bayraktar TB2 dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan pertahanan Turki Baykar Technologies. Drone ini telah digunakan oleh Angkatan Bersenjata Turki dan Direktorat Keamanan Turki sejak 2015, yang paling baru dikreditkan atas keberhasilan militer Azerbaijan dalam konflik Karabakh.

Sumber: Yeni Safak, TRT

4.3 9 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: