Minggu, Agustus 14, 2022
Amerika

Mendagri Turki: AS berkali-kali menjadi dalang kudeta di Turki, termasuk tahun 2016

Mendagri Turki: AS berkali-kali menjadi dalang kudeta di Turki, termasuk tahun 2016 - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Menteri Dalam Negeri Süleyman Soylu mengatakan Gülenist Terror Group (FETÖ) bukan satu-satunya aktor di balik upaya kudeta yang gagal pada 15 Juli di Turki. Soylu juga menyalahkan Amerika Serikat karena bertanggung jawab atas pengambilalihan militer, seperti yang terjadi di masa lalu.

“FETÖ bukan satu-satunya aktor di belakang 15 Juli, AS juga berada di belakangnya,” kata Soylu dalam siaran di Haber Global pada hari Rabu. Dalam pernyataan selanjutnya kepada harian Hürriyet pada hari Kamis, Soylu mengatakan FETÖ melakukan kudeta berdasarkan instruksi AS.

“Jelas terbukti bahwa AS berada di belakang 15 Juli,” kata Soylu. Ia menambahkan bahwa dirinya telah membuat pernyataan ini sehari setelah upaya kudeta dan mengatakan kepada mereka bahwa Washington berada di balik upaya kudeta mematikan yang menewaskan 252 orang.

“Eropa sangat antusias tentang itu,” tambah Soylu.

“Kami mengetahui bahwa AS berada di balik kudeta 1960 beberapa tahun setelah pengambilalihan militer setelah membaca dokumen Inggris. Kami mengetahui bahwa AS juga berada di balik kudeta 1980 setelah pernyataan ‘Anak laki-laki kami berhasil!’” Kata Soylu, mengacu pada telegram yang dikirim oleh kepala stasiun CIA Ankara Paul Henze ke Washington tak lama setelah militer melakukan aksi kudeta berdarah tahun 1980.

Menteri dalam negeri ini menegaskan bahwa setelah menjabat, dia menyadari bahwa penyusup FETÖ hadir di mana pun ada pengaruh AS.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa AS telah melindungi para pemberontak FETÖ karena mereka telah memengaruhi Interpol untuk tidak mempertimbangkan permintaan Turki untuk ekstradisi.

“Mereka menolak ratusan permintaan,” kata Soylu, menambahkan bahwa Turki tidak lagi meminta Interpol untuk menangkap buronan pemberontak FETÖ karena mereka menolak untuk mengambil tindakan.

Baca juga  Tanggapi Biden, ketua MHP sebut tidak ada genosida & pembantaian dalam sejarah bangsa Turki

 

AS menyangkal keterlibatan

Sementara itu, Departemen Luar Negeri AS menolak pernyataan Soylu, dengan mengatakan bahwa tuduhan itu “sepenuhnya salah”.

“Amerika Serikat tidak terlibat dalam percobaan kudeta tahun 2016 di Turki dan segera mengutuknya. Penegasan baru-baru ini tentang hal yang bertentangan yang dibuat oleh pejabat senior Turki sepenuhnya salah.”

Dikatakan Kemenlu AS, “Klaim tidak berdasar dan tidak bertanggung jawab atas tanggung jawab AS terhadap peristiwa di Turki tidak sejalan dengan status Turki sebagai Sekutu NATO dan mitra strategis Amerika Serikat.”

Washington telah berulang kali menolak tuntutan Turki untuk mengekstradisi pemimpin FETÖ Fetullah Gülen dengan alasan kurangnya bukti yang dapat dipercaya dari Ankara, meskipun Turki telah mengirim banyak folder bukti yang menunjukkan infiltrasi FETÖ ke pemerintah Turki dan berusaha menggulingkannya dengan maksud akhir untuk mengambil alih kekuasaan melalui kudeta.

Terlepas dari upaya keras Ankara, pemerintahan mantan presiden AS Barack Obama dan Donald Trump tidak mengambil tindakan apa pun terhadap pemimpin teroris yang berbasis di AS itu. Dalam keadaan normal, AS seharusnya menangkap Gülen sejak otoritas Turki mengeluarkan permintaan resmi untuk ekstradisinya berdasarkan perjanjian 1979 antara AS dan Turki.

Turki juga telah mengupayakan penangkapan preventif untuk menahan Gulen di AS setelah muncul laporan bahwa pemimpin teroris itu berencana untuk melarikan diri ke negara lain.

Ankara berusaha memperbaiki hubungan yang tegang dengan Washington, yang tahun lalu menjatuhkan sanksi kepada Turki atas pembelian sistem pertahanan udara Rusia.

Sumber: Daily Sabah

4.6 5 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ayam jantan dari timur
Ayam jantan dari timur
1 year ago

amerika dan sekutu nya ingin menjadikan TURKI 🇹🇷, sprti Mesir. tetap dalam kontrol amerika, dngan sisteam demokrasi mereka, yg menghalalkan segala cara. Namun kesadaran rakyat TURKI.. demokrasi bukanlah sisteam TURKI. menghentikan kudeta yg berlangsung jam 1 malam, tumpah ruah Rakyat TURKI disetiap sudut kota TURKI. menggagalkan upaya kudeta yg dimotori militer yg sebagian tidak suka ERDOGAN jd presiden. Namun sebagian militer pro dengan ERDOGAN membantu menggagalkan kudeta saat itu. Ketakutan amerika agar tidak ketahuan, Fethullah Gulen cepat di amankan di Amerika. sebelum aksi kudeta terjadi.

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: