Senin, Oktober 3, 2022
Amerika

Menhan: Hubungan Turki & AS tidak akan membaik jika mereka masih dukung teroris YPG

Menhan: Hubungan Turki & AS tidak akan membaik jika mereka masih dukung teroris YPG - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Hubungan antara Turki dan Amerika Serikat hampir tidak akan membaik jika Washington tidak menghentikan kerjasamanya dengan YPG di Suriah, kata Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar.

Klaim Washington bahwa PKK dan YPG adalah dua organisasi yang berbeda tidak sesuai dengan kenyataan, tambah Hulusi Akar.

“Masalah paling sensitif dalam hubungan kami dengan AS adalah dukungan mereka kepada YPG yang merupakan cabang PKK di Suriah,” kata Menteri Pertahanan Hulusi Akar kepada harian Hürriyet dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada 9 Februari.

Turki mengakui YPG sebagai organisasi teroris dan menekankan bahwa YPG adalah afiliasi PKK di wilayah Suriah. PKK ditetapkan sebagai organisasi teror oleh Turki, Uni Eropa, dan AS.

Washington telah lama bekerja sama dengan YPG, di bawah nama SDF sebagai mitra lokalnya dalam perang melawan ISIL/ISIS. Turki khawatir bahwa dukungan AS kepada YPG akan membuka jalan bagi organisasi teror tersebut untuk mengupayakan otonomi yang lebih besar di wilayah timur laut Suriah.

“Kami berharap mereka melihat realita tentang YPG. Jika kami tidak dapat menemukan solusi [untuk masalah ini], maka kami tidak akan pergi ke mana pun terkait dengan AS. Satu hal yang pasti: YPG menerima instruksi dari PKK,” kata Akar.

Klaim Washington bahwa YPG tidak memiliki afiliasi dengan PKK tidak berdasar, kata menteri itu.

Tidak mungkin untuk berpikir bahwa intelijen Amerika tidak mengetahui hubungan antara PKK dan YPG, tambah Hulusi Akar.

 

AS harus bekerja sama dengan Turki

Akar menegaskan bahwa serangan YPG terhadap warga sipil di Afrin dan di timur laut Suriah baru-baru ini meningkat dan Ankara yakin bahwa sebagian besar serangan ini dilakukan oleh YPG. Dia menekankan bahwa hanya sedikit dari serangan itu yang dilakukan oleh ISIL/ISIS.

Baca juga  Gedung Putih: Pertemuan dengan presiden Turki adalah 'prioritas' Biden

“Orang Amerika memberi tahu kami bahwa mereka bekerja sama dengan YPG dalam upaya untuk melawan DAESH/ISIS. Dan kami memberi tahu mereka untuk bekerja sama dengan kami dan bukan YPG dalam perjuangan mereka melawan DAESH. Ratusan kali kami memberi tahu mereka bahwa kami siap bekerja sama untuk memberikan kedamaian dan kenyamanan di sana,” katanya.

 

Solusi yang masuk akal untuk kebuntuan S-400

Masalah besar lainnya antara kedua sekutu tersebut adalah akuisisi Turki atas sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia meskipun mendapat tentangan kuat dari AS. Pemerintah Trump telah menjatuhkan sanksi terhadap Turki dan pemerintahan baru di bawah Presiden Joe Biden telah memperingatkan lebih banyak tindakan hukuman dapat menyusul di periode mendatang.

“Banyak negara bekas Pakta Warsawa di Eropa yang telah bergabung dengan NATO masih memiliki sistem persenjataan dari era Soviet. Senjata-senjata ini disimpan dalam sistem NATO. Kami memberi tahu mereka: Kami terbuka untuk menegosiasikan model yang diterapkan untuk S-300 di Kreta.” ujar Hulusi Akar.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg telah menegaskan kembali bahwa pembicaraan apa pun antara Turki dan AS sampai saat ini dapat berlangsung di bawah atap NATO, tetapi Washington menentangnya, kata Akar.

“Sementara itu, kita juga harus melihat dimensi komersial dari posisi AS terkait S-400. Akuisisi Turki atas S-400 dari Rusia juga membuka jalan bagi negara lain. Mereka ingin menghentikan akuisisi sistem ini oleh negara lain untuk tujuan komersial juga,”

S-300 yang ditempatkan di Pulau Kreta telah dibeli oleh Siprus Yunani pada akhir 1990-an. Yunani telah menyetujui untuk menempatkan sistem itu di wilayah mereka setelah reaksi keras Turki terhadap akuisisi sistem Siprus Yunani. Yunani tidak membuat sistem terus beroperasi, namun mereka menguji sistem sekali dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga  Sekelompok orang Armenia menyerang sebuah restoran Turki di California

Sumber: Hurriyet Daily News

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: