- Advertisement -
TeknologiTurki

Menhan Turki bantah AS beri tenggat waktu soal S-400

TURKINESIA.NET – ANKARA. Menteri pertahanan Turki membantah bahwa Amerika Serikat (AS) memberi tenggat waktu ke Turki untuk mempertimbangkan kembali pembelian sistem rudal pertahanan udara S-400 dari Rusia.

“Kami sedang menjalankan aktivitas yang akan sepenuhnya memenuhi tanggung jawab yang diberikan kepada kami,” kata Hulusi Akar, merujuk pada Turki yang membayar penuh untuk jet tempur F-35 ke Washington.

Ketegangan antara AS dan Turki telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir karena Turki akan segera menerima S-400 dari Rusia, yang menurut Washington akan membahayakan peran Turki dalam program jet tempur F-35 AS dan dapat memicu sanksi kongres.

Menurut Akar, empat jet tempur F-35 telah dikirim ke Turki dan aktivitas mereka sedang berlangsung di pangkalan udara AS.

“Pelatihan empat pilot kami sedang berlangsung dan ratusan sersan mendapatkan pelatihan dan sudah kembali [ke Turki],” jelas dia, sambil menambahkan bahwa 37 personel baru-baru ini dilatih.

AS telah menangguhkan pengiriman suku cadang dan layanan yang terkait dengan program penerimaan jet tempur untuk Turki.

Akibat upayanya untuk membeli sistem pertahanan udara dari AS tak kunjung berhasil, Ankara memutuskan membeli sistem S-400 Rusia pada 2017.

[adinserter block=”1″]

Para pejabat AS menyarankan Turki untuk membeli sistem rudal Patriot AS ketimbang S-400 dari Moskow, dengan alasan sistem Rusia tak kompatibel dengan sistem NATO.

Turki, bagaimanapun, menekankan S-400 tidak akan diintegrasikan ke dalam sistem NATO dan tidak akan menimbulkan ancaman bagi aliansi. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: