Minggu, Agustus 14, 2022
Kontra-teror

Menhan: Turki satu-satunya negara NATO yang perangi ISIS dalam pertempuran jarak dekat

Menhan: Turki satu-satunya negara NATO yang perangi ISIS dalam pertempuran jarak dekat - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Turki adalah satu-satunya anggota NATO yang telah bertempur dalam pertempuran jarak dekat melawan kelompok teror Daesh/ISIS, kata Menteri Pertahanan Nasional Turki pada hari Jumat.

“Turki adalah negara NATO yang telah memikul beban terbesar untuk meringankan penderitaan rakyat Suriah, dan Angkatan Bersenjata Turki adalah satu-satunya tentara NATO yang telah bertempur dalam pertempuran jarak dekat melawan Daesh/ISIS,” kata Hulusi Akar pada upacara pembukaan Pusat Keunggulan Keamanan Maritim NATO di Istanbul.

Turki saat ini menampung hampir empat juta pengungsi Suriah tanpa diskriminasi, sebut Hulusi Akar.

Akar mengatakan anggota NATO “telah berjuang dengan tegas melawan organisasi teroris di banyak bagian dunia, [tetapi] sayangnya mereka belum menunjukkan tekad yang sama dalam menghadapi kelompok teror YPG/PKK.”

“Turki telah berulang kali meminta sekutunya untuk berjuang bersama melawan organisasi teroris YPG/PKK dan Daesh/ISIS di Suriah utara yang mengancam keamanan nasional dan stabilitas regional kami,” kata Akar.

“Berkali-kali, kami memberi tahu sekutu NATO kami tentang perlunya menciptakan zona aman di Suriah. Kami bahkan menyetujui beberapa rencana, tetapi persyaratan perjanjian ini tidak terpenuhi dan Turki ditinggalkan sendirian dalam perang melawan terorisme.”

Akar mengatakan upaya untuk memperkuat NATO diperlukan dalam kondisi global saat ini.

“NATO mempertahankan raison d’etre-nya dan pentingnya aliansi secara bertahap meningkat. Itulah sebabnya NATO perlu lebih diperkuat dan berfungsi dalam semangat aliansi yang sebenarnya,” ujar Akar.

Menhan itu menekankan bahwa “NATO lebih bermakna dan lebih kuat” hari ini dan “akan bergerak maju ke masa depan dengan lebih percaya diri.”

Mengenai pembelian sistem pertahanan udara S-400 Turki dari Rusia, Akar mengatakan Ankara siap untuk mengatasi semua masalah teknis dari mitranya.

Baca juga  Dinilai ampuh lawan Rusia, berikut spesifikasi dan harga drone Bayraktar TB2

“Kami terbuka dan transparan dalam semua pembicaraan [tentang masalah ini]. Solusi yang masuk akal dan logis selalu memungkinkan,” tegasnya.

Sumber: Anadolu Agency

 

3.7 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: