Sabtu, Agustus 20, 2022
Eropa

Menlu Armenia mengundurkan diri

Menlu Armenia mengundurkan diri - Turkinesia

TURKINESIA.NET – YEREVAN. Menteri Luar Negeri Armenia Ara Ayvazyan telah mengundurkan diri, ungkap Juru Bicara Kemenlu pada hari Kamis.

Ayvazyan yang menjabat pada 18 November 2020, telah mengajukan pengunduran dirinya, kata Anna Nagdalyan di Facebook. Nagdalyan tidak merinci alasan pengunduran dirinya.

Hubungan antara Azerbaijan dan Armenia telah tegang sejak 1991 ketika militer Armenia menduduki Nagorno-Karabakh, sebuah wilayah yang diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbaijan, dan tujuh wilayah yang berdekatan.

Tahun lalu, konflik meningkat lagi dan berlangsung selama enam minggu, berakhir dengan gencatan senjata yang ditengahi Rusia pada 10 November.

Selama waktu itu, Azerbaijan membebaskan beberapa kota strategis dan hampir 300 pemukiman dan desanya dari hampir tiga dekade pendudukan Armenia.

Gencatan senjata 10 November dipandang sebagai kemenangan Azerbaijan dan kekalahan Armenia. Angkatan bersenjata Armenia ditarik mundur sejalan dengan kesepakatan.

Sebuah pusat gabungan Turki-Rusia didirikan untuk memantau gencatan senjata. Pasukan penjaga perdamaian Rusia juga telah dikerahkan di wilayah tersebut.

Sumber: Anadolu Agency English

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: