- Advertisement -
TeknologiTurki

Menlu Turki: Tak ada penundaan pengiriman S-400 Rusia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki membantah telah membuat pernyataan soal keterlambatan pengiriman sistem pertahanan udara S-400 Rusia.

“Kami belum membuat pernyataan mengenai penundaan S-400 ke Turki,” kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu setelah pertemuan di kompleks kepresidenan di Ankara, Kamis [08/05].

Cavusoglu mengatakan sejumlah negara termasuk Amerika Serikat menuntut Turki agar tidak membeli S-400, dengan alasan pesawat itu tidak sesuai dengan sistem NATO dan berpotensi menjadi ancaman terhadap pesawat siluman generasi kelima F-35.

Dia menambahkan bahwa dia akan berbicara dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo melalui telepon pada Sabtu.

Ketegangan antara AS dan Turki telah mencapai puncaknya dalam beberapa bulan terakhir, setelah Ankara mulai menerima sistem rudal tercanggih Rusia S-400.

Washington mengatakan langkah itu akan membahayakan peran Turki dalam program jet tempur F-35 dan dapat memicu sanksi dari kongres.

Pada 2017, Ankara memutuskan untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 Rusia, setelah upaya untuk membeli sistem pertahanan udara dari AS yang berlarut-larut berakhir tanpa hasil. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: