- Advertisement -
Internasional

Mesut Özil bergabung dengan kampanye “Hello Brother”

TURKINESIA.NET – Mantan pemain Timnas sepak bola Jerman keturunan Turki Mesut Özil pada hari Senin [25/03] bergabung dengan kampanye media sosial “Hello Brother”. Kampanye tersebut menyerukan persatuan dan perdamaian setelah serangan teroris di Selandia Baru.

“Terorisme tidak memiliki agama. Mari kita bersatu dan berdiri bersama melawan kekerasan terhadap ras atau kepercayaan apa pun,” tulis Ozil di Twitter.

Korban pertama dari serangan tersebut merupakan seorang warga negara Afganistan berusia 71 tahun bernama Haji Daoud Nabi. Beberapa saat sebelum ditembak mati di pintu masuk masjid, Daoud mengatakan “Hallo brother” kepada pria bersenjata itu – yang membantai puluhan Muslim tak berdosa di Masjid Al Noor – Pada hari terjadinya serangan, 15 Maret.

Pada hari terjadinya serangan, Ozil melalui Twitternya mengatakan: “Sangat sedih melihat apa yang terjadi di Selandia Baru… [Saya] mengirimkan cinta kepada semua orang di Christchurch dan keluarga yang terdampak.”

Ozil telah menjadi suara kuat dalam menentang rasisme anti-Muslim dan anti-imigran pada tahun lalu, terutama setelah pensiun dari tim nasional Jerman. Ozil mengungkapkan diskriminasi terhadap warga keturunan Turki, cercaan dan komentar rasis  terhadap dirinya.

Keputusan untuk mengundurkan diri didahului oleh gelombang serangan xenofobia dan rasis yang dihadapi gelandang Arsenal tersebut setelah bertemu dengan Presiden Recep Tayyip Erdoğan menjelang Piala Dunia di Rusia.

Kemudian menyusul kekalahan Jerman yang memalukan dari Piala Dunia, di mana Özil dikambinghitamkan oleh media lokal. [Daily Sabah]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: