Jumat, Agustus 12, 2022
Bangsa Turk

Militer Azerbaijan masuki Kalbajar

Militer Azerbaijan masuki Kalbajar - Turkinesia

TURKINESIA.NET – KALBAJAR. Militer Azerbaijan memasuki Kalbajar pada Selasa malam setelah 27 tahun, mengakhiri pendudukan ilegal oleh Armenia.

Kementerian Pertahanan di Baku mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “unit tentara Azerbaijan memasuki wilayah Kalbajar pada 25 November” berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani awal bulan ini oleh Armenia, Azerbaijan dan Rusia.

Kalbajar terjepit di antara wilayah Nagorno-Karabakh yang disengketakan dan wilayah Armenia. Awalnya penyerahan Kalbajar dijadwalkan pada 15 November tetapi batas waktu itu diperpanjang oleh Azerbaijan karena alasan kemanusiaan.

“Pekerjaan teknik telah diselesaikan untuk memastikan pergerakan unit kami ke arah ini, jalan pegunungan yang sulit di sepanjang rute pergerakan pasukan sedang dibersihkan dari ranjau dan disiapkan untuk digunakan,” kata pernyataan kementerian itu.

Armenia setuju untuk menyerahkan tiga distrik di sekitar Karabakh – Aghdam, Kalbajar dan Lachin – sebagai bagian dari kesepakatan yang menghentikan serangan Azerbaijan.

Azerbaijan telah merebut kembali sebagian wilayah yang hilang dari separatis Armenia dalam perang tahun 1990-an.

Aghdam diserahkan pada 20 November dan Lachin akan diserahkan pada 1 Desember.

Azerbaijan sebelumnya memberikan waktu 10 hari lagi bagi pendudukan Armenia untuk mengevakuasi distrik yang berbatasan dengan Nagorno-Karabakh karena kondisi iklim dan alam.

Dalam jumpa pers, Hikmet Hajiyev, Pembantu Kebijakan Luar Negeri Presiden Ilham Aliyev, mengatakan melalui Rusia, Yerevan meminta lebih banyak waktu untuk meninggalkan distrik yang diduduki sejak 1993 itu.

“Dengan memperlihatkan kemanusiaan,” Azerbaijan menerima permintaan untuk memperpanjang batas waktu meninggalkan wilayah yang diduduki selama 27 tahun itu, katanya.

Karena kondisi cuaca ekstrim, Zod-Varnenis yang merupakan satu-satunya jalan ke arah itu sempit, dengan mempertimbangkan kondisi ini, Azerbaijan memberi Armenia lebih banyak waktu untuk mengevakuasi warga sipilnya.

Baca juga  Aliyev: Ini perang suci kami, para ibu Armenia jangan biarkan putramu mati sia-sia!

Setelah perang 1992, Yerevan membawa orang-orang Armenia ke Kalbajar – di mana tidak ada orang Armenia yang pernah tinggal sebelumnya – dan menempatkan mereka secara ilegal.

Sumber: Daily Sabah

4.7 6 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: