Sabtu, Agustus 13, 2022
Timur Tengah

Mulai pekan depan, Turki akan pasok listrik ke Irak

Mulai pekan depan, Turki akan pasok listrik ke Irak - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki memasok listrik ke Irak dengan 500 megawatt mulai minggu depan, kata Kantor Berita Irak (INA) milik negara, Minggu.

Kementerian Listrik Irak “telah mempersiapkan datangnya musim panas dengan meningkatkan produksi, menambah 3.500 megawatt dan meresmikan beberapa jalur transmisi strategis antar provinsi,” kata kantor berita negara mengutip juru bicara kementerian.

Menteri Listrik Irak Adil Karim sebelumnya mengomentari niat negaranya untuk membeli listrik dari negara tetangga Turki.

Irak, untuk mengatasi masalah pemadaman listrik di negara itu juga sedang melakukan negosiasi dengan Qatar untuk pembelian gas, yang diharapkan akan selesai dalam waktu satu tahun.

Selain itu, negara tersebut menandatangani perjanjian energi (listrik) dengan Arab Saudi.

Karim mengatakan pada saat itu bahwa jumlah listrik awal yang akan mereka terima dari Arab Saudi adalah 500 megawatt, dan ini akan ditingkatkan menjadi 1.000 megawatt.

Irak telah bergulat dengan kurangnya layanan listrik selama bertahun-tahun. Di banyak bagian negara, rata-rata hanya tiga sampai lima jam listrik nasional yang dapat disediakan per hari.

Selama bertahun-tahun, warga Irak mendapatkan pasokan listrik mereka dari generator lingkungan dengan biaya dan dalam jumlah terbatas. Diketahui bahwa generator ini meningkatkan pencemaran lingkungan dan penyakit di negara ini.

Sumber: Daily Sabah

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: